nusabali

Dinding Dapur Tertimpa Longsor

  • www.nusabali.com-dinding-dapur-tertimpa-longsor

AMLAPURA, NusaBali
Hujan deras menyebabkan longsor di tiga titik kawasan Kecamatan Manggis dan Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (12/1).

Tembok panyengker rumah I Wayan Sarsi di Banjar Telengan, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis diterjang longsor. Material longsor masuk he halaman rumah. Longsor di Banjar Bangle, Desa Bunutan, Kecamatan Abang menutup badan jalan. Sementara longsor di Banjar Sega, Desa Bunutan menyebabkan dinding dapur I Nengah Sukaya hingga material longsor masuk dapur.

Perbekel Desa Bunutan, I Made Suparwata membenarkan terjadi tanah longsor di Banjar Sega dan Banjar Bangle. “Penanganan telah dilakukan secara gotong royong, juga dipantau petugas BPBD Karangasem,” ungkap Suparwata. Menurutnya, di Banjar Sega sering terjadi longsor setiap musim hujan karena tanah labil dan bebukitan. Longsor dari atas bukit di atas dapur warga. Saat terjadi longsor material mengenai dinding dapur yang terbuat dari anyaman bambu. Nihil kerusakan namun material longsor masuk ke dalam dapur. Pemilik langsung mengevakuasi material yang menimbun dinding dapur. Begitu juga warga Banjar Bangle langsung bergotong royong membersihkan material longsor di jalan.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengapresiasi antusias warga melakukan penanganan longsor secara mandiri. “Kami selalu bersinergi di lapangan untuk penanganan tanah longsor,” jelas Ida Bagus Arimbawa. Longsor skala kecil hendaknya dibersihkan secara gotong royong. Longsor skala besar hingga menimbun badan jalan dan memerlukan alat berat, maka BPBD mengupayakan alat berat agar akses jalan cepat normal. *k16

Komentar