nusabali

Geliatkan Ekonomi Lokal, PKK Gelar Pasar Rakyat di Terminal Negara

  • www.nusabali.com-geliatkan-ekonomi-lokal-pkk-gelar-pasar-rakyat-di-terminal-negara

NEGARA, NusaBali
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bali dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana, menggelar pasar rakyat di areal Terminal Negara, Desa Baluk, Kecamatan Negara, Jembrana, Rabu (12/1).

Pasar ini menjual beragam produk dari para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), kelompok wanita hingga petani lokal Jembrana.

Untuk diketahui, lokasi pasar rakyat di areal terminal ini baru saja dimanfaatkan sebagai Angkringan Negaroa Bahagia oleh Pemkab Jembrana. Hadir dalam kegiatan pasar rakyat itu, Ketua Tim Penggerak PPK Bali Ni Putu Putri Suastini Koster (Ny Putri Suastini Koster), Bupati Jembrana I Negah Tamba, beserta jajaran Forkopimda Jembrana, dan para Ketua Tim Penggerak PKK se- Bali.

Ada beragam produk lokal yang disediakan dalam pasar rakyat itu. Baik itu berupa kebutuhan pokok, jajanan tradisional, produk-produk olahan UKM Jembrana, hingga berbagai hasil bumi petani Jembrana.

Bupati Tamba mengatakan, pasar rakyat yang digelar kali ini, memang berakar dari rakyat dan untuk rakyat. Sementara pelaksanaannya  diinisiasi oleh Tim PKK Provinsi Bali bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana dan mengahdirkan Tim Penggerak PPK se-Bali. Diadakannya pasar rakyat ini, diharapkan memberikan semangat  masyarakat di tengah suasana pandemi Covid-19 yang memukul perekonomian Bali.

Kata Bupati, di masa pandemi ini agar semua komponen bersinergi dan berkolaborasi memberikan dorongan bagi sektor UMKM dan petani yang memiliki produk unggulan. ‘’Kami berikan ruang bagi mereka untuk menstabilkan kembali dampak keterpurukan akibat pandemi. Sehingga tantangan ini menjadikan kita tetap bersemangat , bergairah, dan terus bergerak," ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Bupati Tamba menambahakan, pasar rakyat ini juga bagian dari ruang untuk mempersiapkan diri bagi petani dan UMKM Jembrana. Dirinya ingin petani maupun UMKM Jembrana bersiap menyongsong tahun emas Jembrana pada tahun 2026 dengan menghasilkan produksi dan produk-produk berkualitas.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster mengatakan, kegiatan pasar rakyat ini, merupakan sinergi bersama Tim PKK Provinsi dengan Tim PPK seluruh kabupaten/kota se-Bali. Termasuk bersinergi dengan pemerintah daerah. "Mengawali tahun 2022 ini, kita mesti guyub. Sinergitas jadi satu kekuatan yang baru bersama Tim PKK seluruhnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Ny Putri Koster mengatakan sasaran yang hendak dituju dari gelaran pasar rakyat ini, tentu saja keluarga yang terdampak pandemi. Baik mereka yang berasal dari Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Kecil Menengah (UKM), termasuk petani. "Ini wujud kekompakan seluruh Tim Penggerak PKK se-Bali. Tiap kita hadir di masing-masing kota (kabupaten), kita juga bantu 100 keluarga. Meskipun tidak banyak ,tapi ada ajang saling membantu dan memberi," ujar Ny Putri Koster yang notabene istri dari Gubenur Bali Wayan Koster.

Ny Putri Koster mengatakan, pada dasarnya konsep pasar rakyat ini, cukup sederhana. Bagaimana mengajak rombongan PKK se-Bali untuk berbelanja. Baik itu membeli hasil bumi petani, kuliner, maupun produk-produk IKM  dan UKM. Selanjutnya, berbagai produk yang dibeli itu, juga dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Ini sebenarnya kegiatan yang sangat sederhana. Kita terima dari petani, kita bagikan kepada masyarakat tidak mampu. Harapan kita, di tengah pandemi ini PKK bisa hadir ke tengah-tengah masyarakat, bergandengan tangan dengan seluruh anggota se-Bali maupun pemerintah daerah. Menyapa masyarakat, mengetahui kondisi mereka, sehat atau tengah sakit. Melalui hal kecil ini kegiatan yang lebih besar dapat dilakukan," ucap Ny Suastini Koster. *ode

Komentar