nusabali

Cegah DBD Meluas, Desa Pemecutan Kelod Gelar Fogging

  • www.nusabali.com-cegah-dbd-meluas-desa-pemecutan-kelod-gelar-fogging

DENPASAR, NusaBali
Aparat Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Barat, bersama petugas dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar melaksanakan fogging di Jalan Pulau Indah VI Banjar Buagan, Rabu (12/1).

Fogging dilakukan karena di kawasan tersebut didapati warga yang terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Perbekel Pemecutan Kelod I Wayan Tantra mengatakan, fogging dilaksanakan di Jalan Pulau Indah VI Banjar Buagan karena ada warga yang tinggal di sana terjangkit DBD. Untuk mengantisipasi penularan yang lebih meluas pihaknya memohon bantuan kepada Dinas Kesehatan Kota Denpasar untuk melaksanakan fogging.  

Menurutnya, fogging memang tidak bisa mencegah penyakit DBD secara tuntas, namun setidaknya dapat membunuh nyamuk dewasa. Untuk mencegah penularannya pihaknya telah mengajak Jumantik (juru pemantau jentik) di masing-masing banjar untuk datang ke rumah-rumah warga guna sosialisasi dan edukasi pencegahan penularan DBD dengan melakukan 3 M.

“Kembali kami ingatkan bahwa memberantas DBD tidak cukup dengan turunnya petugas kesehatan dan masyarakat hanya dengan melakukan fogging. Akan tetapi, harus ditindaklanjuti dengan menjaga kebersihan lingkungan setelah fogging dilakukan,” kata Wayan Tantra. *bin

Komentar