nusabali

Bawaslu Gianyar Uji Petik Daftar Pemilih Berkelanjutan

  • www.nusabali.com-bawaslu-gianyar-uji-petik-daftar-pemilih-berkelanjutan

GIANYAR, NusaBali
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gianyar melaksanakan uji petik dengan cara verifikasi faktual Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Tahun 2021.

Uji petik ini berdasarkan data hasil rapat koordinasi dengan KPU Kabupaten Gianyar. Sasaran uji petik Bawaslu Kabupaten Gianyar kali ini merupakan warga yang sudah meninggal dunia.

Di tengah kondisi cuaca hujan, verifikasi faktual dilakukan dengan cara turun langsung ke Kantor Desa Batubulan Kangin, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Rabu (12/1) pagi. Saat turun kemarin, jajaran Bawaslu Kabupaten Gianyar meminta izin langsung untuk mengunjungi rumah warga yang bersangkutan. Kegiatan tersebut dikoordinir langsung anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar I Wayan Gede Sutirta.

Sutirta menyebutkan sasaran uji petik Bawaslu Kabupaten Gianyar kali ini merupakan warga yang sudah meninggal dunia. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa memang benar yang bersangkutan sudah meninggal dunia, sehingga tidak tercatat lagi dalam daftar pemilih.  

“Uji petik yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Gianyar kali ini menyasar pemilih yang sudah meninggal dunia yang berjumlah tiga orang. Ketiga orang dimaksud tersebar di Desa Batubulan Kangin,” kata Sutirta selaku Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Gianyar, dalam rilis Bawaslu Bali, Rabu (12/1).

Sutirta menjelaskan tujuan uji petik secara teknis  mendatangi langsung ke rumah yang bersangkutan untuk memastikan keakuratan data daftar pemilih berkelanjutan. “Upaya kita dengan mengunjungi langsung rumah yang bersangkutan untuk memastikan keakuratan data. Dengan menanyai langsung pihak keluarga dan mengecek akta kematian yang dimiliki untuk memastikan keakuratannya, dan meminimalisir permasalahan yang berkaitan dengan hal tersebut,” ujar pria asal Kecamatan Sukawati tersebut.

Hasil verifikasi faktual yang dilakukan di Desa Batubulan Kangin, data DPB yang diperoleh Bawaslu Kabupaten Gianyar dari KPU Kabupaten Gianyar sudah sesuai dengan yang dinyatakan, bahwa pemilih bersangkutan sudah meninggal dunia. *nat

Komentar