nusabali

Bendung Bebengan Segera Diuji Coba

  • www.nusabali.com-bendung-bebengan-segera-diuji-coba

BANGLI, NusaBali
Pembangunan bendung Bebengan di Banjar Tegalalang, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli tuntas dikerjakan.

Dalam waktu dekat, bendung di Daerah Irigasi (DI) Sidembunut Kanan ini segera diuji coba. Staf Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli Ida Bagus Adnyana mengatakan uji coba untuk memastikan kondisi bendung Bebengan.

Menurut Ida Bagus Adnyana, masa pemeliharaan selama 180 hari. Jika ada kerusakan dalam masa pemeliharaan maka menjadi tanggung jawab kontraktor. Jika selama sepekan masa uji coba tidak ada kerusakan maka air langsung dialirkan ke subak. Sebelum difungsikan, krama subak mengawali dengan upacara melaspas. “Air bendung Bebengan mengairi beberapa subak di Kelurahan Bebalang,” ungkap Ida Bagus Adnyana, Rabu (12/1).

Kabid Sarana Prasarana Dinas PUPR Perkim Bangli, Putu Dedi Upariawan akan menggelar aksi kebersihan saluran air sebelum bendung Bebengan difungsikan. Pembersihan untuk mengeruk endapan di saluran irigasi sehingga air mengalir dengan baik. Pembersihan dilakukan di saluran irigasi dekat Pura Dalem Penunggekan. “Alat berat sudah di lokasi, karena hujan dan tanah yang labil pembersihan belum bisa kami lakukan,” jelas Putu Dedi. *esa

Komentar