nusabali

BPBD Geser Batu Besar di Banjar Batu Gede

  • www.nusabali.com-bpbd-geser-batu-besar-di-banjar-batu-gede

AMLAPURA, NusaBali
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem I Putu Eka Putra Tirtana bersama anggota melakukan pembersihan di empat lokasi longsor, Selasa (11/1).

Salah satunya mengevakuasi batu besar berdiameter 1,5 meter yang melintang di jalan Banjar Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem. Petugas menggeser batu dari jalan menggunakan mobil crane Dinas PUPR dan Perumahan Permukiman Karangasem. Batu hanya bisa digeser ke pinggir jalan, belum mampu dipecah.

Batu besar itu terbawa longsor dari tegalan I Wayan Lemek. Batu melintang di jalan penghubung Banjar Batu Gede, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat menuju Banjar Kaler, Desa Antiga, Kecamatan Manggis. “Batu berhasil kami geser. Kendaraan sudah bisa lewat, tetapi batu masih di bahu jalan,” jelas Eka Putra Tirtana. Menurut Kelian Banjar Dinas Batu Gede, I Wayan Wirta mengakui sering terjadi longsor saat musim hujan di Banjar Batu Gede. Struktur tanah labil, sejak buka akses jalan menyebabkan tanah sering longsor karena sebagian tanah bukit dipangkas.

BPBD Karangasem juga melakukan penanganan longsor di Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu. Longsor menimpa tembok dapur milik I Ketut Kanta hingga jebol, Minggu (9/1). Bencana longsor dilaporkan Perbekel Desa Tianyar Tengah I Ketut Ada. Longsor juga terjadi di jalan Setra Kawan, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Minggu (9/1). Material longsor menutup badan jalan. BPBD melakukan penanganan menggunakan alat berat.

Sementara Perbekel Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, I Ketut Suta melaporkan dua titik longsor di Desa Pempatan, Senin (10/1). BPBD sudah memantau lokasi namun belum melakukan penanganan. Longsor di Banjar Pemuteran Desa Pempatan menimbun jalan rabat beton menghubungkan Banjar Pemuteran dengan Banjar Keladian. Buat sementara hanya kendaraan roda dua bisa melintas. Perlu alat berat untuk mengevakuasi material longsor. Sementara longsor di jalan provinsi lokasi Banjar Pemuteran menutup sebagian badan jalan. Kendaraan roda dua dan roda empat bisa melintas. *k16

Komentar