nusabali

Lima Desa Diusulkan Dapat SPAM BM

  • www.nusabali.com-lima-desa-diusulkan-dapat-spam-bm

AMLAPURA, NusaBali
Kabid Cipta Karya Dinas PUPR (Pekerjaan Umum Penataan Ruang) dan Kawasan Permukiman Karangasem I Ketut Prama Budarta mengusulkan lima desa masuk program SPAM BM (sistem penyediaan air minum berbasis masyarakat) di tahun 2022.

Program SPAM BM untuk menuntaskan desa krisis air bersih. Kelima desa yang diusulkan yakni Desa Bukit dan Kelurahan Padangkerta di Kecamatan Karangasem, Desa Tista dan Desa Purwakerti Kecamatan Abang, dan Desa Nongan di Kecamatan Rendang. Tiap desa diusulkan dapat anggaran Rp 300 juta hingga Rp 400 juta.

Ketut Prama Budarta mengatakan, saat ini ada 24 desa dari 78 desa/kelurahan di Karangasem masih rawan air bersih. Sebelumnya, sebanyak 45 desa telah mendapatkan program Pamsimas (penyediaan air minum berbasis masyarakat). Belum semua desa yang mendapatkan program Pamsimas mampu mengoptimalkan pelayanan di desa karena terkendala geografis dan biaya sambungan rumah. Dana Pamsimas yang digulirkan tahun 2019 dan tahun 2020 bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Syarat mendapatkan SPAM BM, Pemkab Karangasem wajib melakukan pendampingan anggaran. Pogram SPAM BM untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum yang layak dan berkelanjutan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Ketut Prama Budarta mengatakan, kriteria mendapatkan bantuan yakni cakupan layanan air minum di kabupaten belum 100 persen, wajib membuat surat berminat mengikuti kegiatan, Pemkab Karangasem juga wajib sharing anggaran.

Syarat desa penerima bantuan SPAM BM yakni belum pernah dapat bantuan Pamsimas dan SPAM perdesaan padat karya. Cakupan akses air minum layak belum 100 persen, tidak termasuk daerah layanan dari PDAM, memiliki sumber air baku untuk dikembangkan, dan menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan air bersih. “Kami terus berjuang ke pusat agar mendapatkan program layanan air bersih untuk mengurangi desa rawan air,” jelas mantan anggota KPU Karangasem ini. Pemkab Karangasem punya target tahun 2024, tidak ada desa rawan air bersih.

Perbekel Desa Nongan, Kecamatan Rendang I Wayan Daging membenarkan diusulkan pada program SPAM BM. “Rencananya untuk memenuhi pelayanan air di Banjar Saren Kelod, Banjar Saren Tengah, dan Banjar Saren Kaja yang bersumber dari mata air pasucian Dalem Kupa,” jelas Wayan Daging. Perbekel Desa Tista, Kecamatan Abang I Ketut Selamet Ariasa mengapresiasi perjuangan Dinas PUPR Perumahan dan Permukiman mengusulkan program SPAM BM untuk Desa Tista. *k16

Komentar