nusabali

PAD Sektor Uji Kir Ditarget Rp 800 Juta

  • www.nusabali.com-pad-sektor-uji-kir-ditarget-rp-800-juta

SINGARAJA, NusaBali 

Pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor uji kendaraan bermotor (KIR) yang ditangani Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng pada 2022 ini, ditarget sebesar Rp 800 juta.

Target ini sedikit meningkat dibanding tahun 2021 lalu, yakni Rp 793 juta. Dinaikkannya target ini dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi yang semakin pulih.

Kepala Dishub Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra, mengungkapkan dari uji kir di tahun 2021 berhasil menyumbang PAD sebesar Rp 633 juta, dari target sekitar Rp 793 juta. Tidak tercapainya target ini karena dampak pandemi Covid-19. Pembatasan aktivitas selama pandemi diduga menjadi salah satu penyebab uji kir kendaraan menurun.

Kendaraan angkutan barang milik masyarakat lebih banyak ditunda pengujian kir karena mobilitasnya sedikit dan juga situasi ekonomi yang sulit. “Target PAD tahun lalu sebesar Rp 793 juta, sebenarnya realisasinya sudah mendekati target meski di tengah pandemi. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat masih tetap melakukan kewajiban, meski di tengah pandemi,” kata Gunawan, dikonfirmasi pada Minggu (9/1) siang.

Sementara itu untuk tahun 2022 pihaknya sedikit menaikkan target PAD di sektor uji kir kendaraan, yakni sebesar Rp 800 juta. Estimasi ini diambil setelah mempertimbangkan kondisi perekonomian sudah berangsur membaik, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan ini bisa tercapai di tahun 2022. Ini merupakan sumbangsih untuk daerah,” tandas Gunawan. *mz

Komentar