nusabali

SMAN 2 Siap Pentaskan Cak Modern

  • www.nusabali.com-sman-2-siap-pentaskan-cak-modern

SMAN 2 Semarapura, Klungkung menggarap kreasi seni Tari Cak Inovatif atau Cak Modern Inovatif.

SEMARAPURA, NusaBali
Tarian yang dibawakan sekitar 200 siswa ini akan dipentaskan di Monumen Puputan Klungkung, Sabtu (15/2) malam, serangkaian program Klungkung Menari.

Para penari dan penabuh di sekolah ini kini terus mematangkan latihan di ruang sekolah, di sela-sela jam istirahat ataupun di luar jam pelajaran. Latihan untuk menyeragamkan gerak dan musik, terlebih semua senimannya murni dari siswa SMAN 2 Semarapura.

Kepala SMAN 2 Semarapura, I Gusti Lanang Made Puji, Jumat (17/2), cak modern ini mengambil sebuah kisah Ni Diah Tantri, seorang perempuan hebat yang mampu menaklukan ambisi seorang raja hingga bertobat atau kembali ke jalan yang benar. Jalan benar itu berkat tutur kata dari ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh Ni Diah Tantri. “Kisah ini juga secara tidak langsung mengajarkan siswa tentang kekuatan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Kata dia, nuansa modern cak ini terletak pada ragam gerak yang dinamis dengan tetap menyuarakan “cak…cak..cak…”. Tarian ini sudah pernah pentas perdana di Art Center Denpasar, September 2016. Dalam sebuah acara Nawa Natya, ketika itu duta Cak SMAN 2 Semarapura mabarung (mapadu) dengan SMA Bali Mandara, Buleleng. Untuk di Klungkung, pentas perdana akan dilakukan 25 Februari 2017.

Kasek Lanang Puji menambahkan, kendati sudah pernah pentas, namun pihaknya tetap memaksimalkan persiapan dengan menggelar latihan rutin yang dibimbing guru seni. “Mudah-mudahan pentas nanti berjalan lancar,” harapnya, didampingi Waka Humas SMAN 2 Semarapura, Dewa Tirta dan Waka Kesiswaan I Ketut Langkir. Diharapkan, kesenian ini dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berkesenian.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga I Nyoman Mudarta mengatakan, untuk Klungkung Menari nanti kali pertama diisi oleh sekolah. Karena pentas sebelumnya dilakukan oleh sekaa seni desa pakraman, sanggar dan lainnya. “Nanti akan kami selang-selingi antara pentas siswa dan unsur masyarakat,” katanya. Program Klungkung Menari digelar sebulan sekali. *wa

Komentar