nusabali

Vaksinasi Anak di Tabanan Lampaui Target

  • www.nusabali.com-vaksinasi-anak-di-tabanan-lampaui-target

TABANAN, NusaBali
Vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun untuk tahap I di Kabupaten Tabanan, ditarget rampung 6 Januari 2022, melampaui capaian.

Dari total sasaran 32.984 anak, menjadi 33.023 anak atau setara 100,12 persen. Kini, Dinas Kesehatan Tabanan tengah bersiap untuk melakukan vaksinasi lanjutan tahap II, selain layanan vaksin booster.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr I Nyoman Susila menjelaskan vaksinasi melebihi target sasaran ini karena jumlah data terus bergerak. Sebab usia anak masih dinamis, artinya saat pelaksanaan vaksinasi dari yang belum memenuhi syarat sudah bisa penuhi syarat. "Data terus berjalan, yang kami cari data nyata, yang jelas sasaran vaksinasi tahap I dari total sasaran capaian kami melebihi target atau setara dengan 100,21 persen," jelasnya, Minggu (9/1).

Kata dia, meskipun capaian telah mencapai target, ada saja anak yang belum tervaksin karena faktor kesehatan. Terhadap mereka tentu akan dilakukan vaksinasi susulan dan dilakukan pendataan. "Kami juga sudah lakukan vaksinasi terhadap anak-anak di sekolah luar biasa (SLB)," imbuhnya.

Di sisi lain, terkait dengan vaksinasi booster, meski sudah ramai di media bahwa pemberian vaksin booster akan mulai dilayani pada 12 Januari 2022, namun pihaknya sampai saat ini  masih menunggu perintah resmi dari pusat. “Kami masih tunggu, biasanya ada panggilan zoom dari pusat maupun provinsi, kalau sudah diperintahkan pasti langsung kita lakukan,”jelasnya.

Sebagai persiapan awal untuk vaksinasi booster, Senin (11/1) ini, akan dilakukan rapat pembahasan juklak dan juknis. "Lengkapnya besok (Senin ini,Red), sesuai rencana pelaksanaan vaksin booster akan dilakukan berbasis banjar," tandas Plt Direktur RSUD Tabanan ini. *des

Komentar