nusabali

Perpustakaan Keliling, Polisi Sebar Minat Baca

  • www.nusabali.com-perpustakaan-keliling-polisi-sebar-minat-baca

SINGARAJA, NusaBali
Polres Buleleng membuat perpustakaan dan pendidikan keliling (pusdikling) untuk menyebarkan minat membaca pada anak-anak di Kabupaten Buleleng.

Aktivitas literasi ini juga diselingi dengan pemberian edukasi tentang berlalu lintas. Pusdikling menggunakan satu armada mobil yang sudah dimodifikasi khusus untuk memuat beragam media belajar.

Armada khusus Pusdikling berisikan buku-buku bacaan, sarana pemberian edukasi terhadap anak-anak melalui media elektronik, serta edukasi secara virtual serta visual tentang lalu lintas. Pusdikling ini digerakkan oleh anggota Sat Lantas Polres Buleleng. Mereka menjangkau anak-anak di desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng.

Salah satu tempat yang dikunjungi yaitu di Desa/Kecamatan Kubutambahan. Anak-anak yang mengikuti pembelajaran terlihat sangat antusias. Tidak hanya membaca, para anak-anak juga disediakan sarana permainan, untuk mengasah otak.

Kapolres Buleleng, AKBP Andrian Pramudianto mengatakan, kegiatan Pusdikling ini murni untuk menumbuhkan budaya membaca untuk anak-anak di Kabupaten Buleleng. Selain itu juga untuk memberikan pembelajaran sejak dini kepada anak-anak di Buleleng untuk teratur berlalu lintas serta meningkatkan pengetahuan dan informasi bagi anak-anak yang berada jauh dari perkotaan.

"Saya mau anak-anak ini sedari kecil sudah belajar tentang lalu lintas, sehingga nantinya mereka sudah dewasa menjadi paham tentang berlalu lintas,” ujar AKBP Andrian, dikonfirmasi Minggu (8/1) siang.

Kata AKBP Andrian, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menambah armada Pusdikling agar semakin banyak desa yang bisa dijangkau kegiatan ini mengingat luasnya wilayah Kabupaten Buleleng. "Untuk sementara ini, baru satu dulu untuk uji coba, nanti kalau antusiasmenya bagus dan tinggi, ada dukungan lagi sarana prasarana pasti akan kami tambahkan," tandasnya. *mz

Komentar