nusabali

Wagub Cok Ace Berharap Masyarakat Bali Makin Familiar dengan Kendaraan Listrik

  • www.nusabali.com-wagub-cok-ace-berharap-masyarakat-bali-makin-familiar-dengan-kendaraan-listrik

DENPASAR, NusaBali.com - Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) melepas konvoi kendaraan listrik di Lapangan Timur, Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu (9/1/2022) pagi.

Kegiatan yang diinisiasi Komunitas DEVA (Dewata Electric Vehicle Association) bertajuk EV Sunday Morning Ride and Gathering, diikuti berbagai kalangan termasuk anggota DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, dan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Dalam sambutannya Wagub Cok Ace mengatakan menyambut kegiatan konvoi kendaraan listrik yang diikuti sekitar 100 sepeda motor listrik tersebut,  dan diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Bali untuk secara bertahap meninggalkan kendaraan berbasis energi fosil dan beralih kepada energi terbarukan.

“Harapan kita masyarakat Bali makin familiar dengan kendaraan elektrik, dan ke depan kita harapkan Bali betul-betul menjadi pulau yang bersih (emisi),” ujar Wagub Bali.

Wagub menambahkan, kegiatan juga sebagai bentuk implementasi dari Pergub Bali Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih, kemudian juga ada Pergub Bali Nomor 48 Tahun 2021 tentang Energi Bersih dan Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Kepada Komunitas DEVA yang menyelenggarakan kegiatan konvoi dengan tema EV Rally 2022, Wagub memberikan apresisasi atas inisiatif yang dilakukan komunitas yang berdiri sejak 29 Mei 2021. 

“Atas nama Pemerintah Provinsi Bali, saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Komunitas DEVA, atas terselenggaranya acara hari ini,” ujar Wagub.

Konvoi kendaraan listrik menempuh rute dari Lapangan Timur Niti Mandala Renon menuju Gedung Dharma Negara Alaya, dan berakhir di Plaza Renon.  Kegiatan konvoi sendiri sekaligus merupakan puncak dari Bali EV Fest, sebuah festival kendaraan listrik pertama dan terbesar di Bali, yang telah terselenggara sejak 3 Januari 2022 bertempat di Plaza Renon.

Festival mengajak lebih dari 12 pelaku electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik mulai dari start up kendaraan listrik, perusahaan mobil internasional, hingga siswa/mahasiswa yang getol utak atik kendaraan berbasis energi terbarukan.

Selain diisi dengan pameran kendaraan listrik, Bali EV Fest juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya seperti talkshow, pelatihan konversi motor konvensional menjadi motor listrik, dan pada hari terakhir Bali EV Fest, digelar konvoi motor listrik yang dilepas Wakil Gubernur Bali.

Komentar