nusabali

Palinggih di Pura Pasek Gelgel Aan Terbakar

Oktober 2020 Digelar Upacara Ngenteg Linggih

  • www.nusabali.com-palinggih-di-pura-pasek-gelgel-aan-terbakar

BANGLI, NusaBali
Pangglih di Pura Dadia Pasek Gelgel Aan, Banjar/Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Bangli, terbakar pada Sabtu (8/1) sekitar pukul 10.30 Wita.

Palinggih yang terbakar berupa bangunan meru tumpang dua dan palinggih rong satu. Namun belum bisa dipastikan pemicu kebakaran tersebut.  Kasat Reskrim Polres Bangli AKP Androyuan Elim saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran tersebut. Dikatakannya, kebakaran diketahui sekitar pukul 10.30 Wita. Awalnya salah seorang warga melihat kepulan asap dan kobaran api dari Pura Pasek Gelgel Aan. “Seorang warga yang berada di warung yang lokasinya tidak jauh dari Pura melihat kepulan asap. Melihat hal tersebut warga tadi memberitahukan pada warga lainnya,” ujarnya.

Warga setempat berupaya memadamkan api yang membakar palinggih meru. Dari olah TKP yang dilakukan petugas, diduga kebakaran dipicu korsleting listrik. Petugas mengamankan barang bukti berupa kabel listrik. Di sisi lain, Perbekel Subaya I Nyoman Diantara mengatakan pada peristiwa tersebut bangunan meru tumpang dua yang terbakar. Warga dengan cepat melakukan pemadaman sehingga api tidak merembet ke bangunan lain. “Proses pemadaman sekitar satu jam. Api tidak sampai mengenai palinggih yang lain,” ucap Diantara.

Pasca kejadian tersebut pangempon Pura yang jumlah sekitar 60-an KK akan melakukan paruman untuk menentukan proses selanjutnya.

Diantara menyampaikan jika bangunan Pura Pasek Gelgel Aan tergolong baru. Pada 2020 lalu baru dilaksanakan upacara ngenteg linggih. “Oktober 2020 baru dilaksanakan upacara ngenteg linggih. Akibat kebakaran ini diperkirakan kerugian Rp 100.000.000,” imbuh Diantara. *esa

Komentar