nusabali

Damkar dan Pos Pencarian Pertolongan Latihan Bersama

  • www.nusabali.com-damkar-dan-pos-pencarian-pertolongan-latihan-bersama

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Karangasem bersinergi dengan Pos Pencarian dan Pertolongan menggelar latihan bersama penyelamatan di lapangan. Latihan bersama digelar di Pos Pencarian dan Pertolongan, Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (6/1).

Kadis Damkar dan Penyelamatan Karangasem I Nyoman Siki Ngurah mengatakan tugas-tugas Damkar diperluas. Ada tambahan tugas penyelamatan sehingga menjalin kerja sama dengan Pos Pencarian dan Pertolongan untuk latihan bersama tiap Kamis. Latihannya menyangkut penyelamatan seperti penyelamatan hewan, penyelamatan korban manusia yang tersesat saat mendaki Gunung Agung, tersesat mendaki bukit, korban terbawa arus banjir, dan lainnya. “Secara teknis yang diperdalam adalah membuat simpul-simpul tali. Tali jiwa digunakan saat melakukan evakuasi,” jelas Siki Ngurah, Jumat (7/1).

Latihan bersama Pos Penyelamatan dan Pencarian melibatkan 50 petugas Damkar. Karangasem termasuk rawan bencana tanah longsor, pohon tumbang, banjir, erupsi Gunung Agung, gempa, termasuk penyelamatan warga yang nyemplung ke sumur. “Latihan tiap Kamis. Harapannya ilmu-ilmu penyelamatan terus diperdalam. Saat melakukan penanganan di lapangan bersinergi dengan Pos Pencarian dan Pertolongan,” jelas pejabat dari Desa Bukit, Kecamatan Karangasem ini. Jika Dinas Dammkar dan Penyelamatan memerlukan evakuasi korban saat kebakaran maka minta bantuan ke Pos Pencarian dan Pertolongan.

Terpisah, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem I Gusti Ngurah Eka membenarkan adanya kerja sama penanganan penyelamatan dengan Dinas Damkar dan Penyelamatan Karangasem. Penyelamatan ditangani Pos Pencarian dan Pertolongan di darat, laut, dan gunung. “Intinya kalau menyangkut penyelamatan manusia ditangani Pos Pencarian dan Pertolongan, entah itu orang hilang atau orang tersesat,” jelas Gusti Ngurah Eka. *k16

Komentar