nusabali

Gundukan Pasir Depan Pos Balawista Diratakan

  • www.nusabali.com-gundukan-pasir-depan-pos-balawista-diratakan

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung mengerahkan alat berat untuk meratakan gundukan pasir yang ada di depan Pos Balawista, Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung. Rencananya di lokasi itu akan dijadikan titik pelepasan tukik.

Koordinator Deteksi Evakuasi Dini Sampah Laut Dinas LHK Badung I Made Gede Dwipayana, mengatakan gundukan pasir yang diratakan itu atas permintaan Satgas Pantai Kuta. “Setelah diratakan, rencananya Minggu (9/1), kawasan itu akan dipasangi tenda untuk acara pelepasan tukik,” kata Dwipayana, Jumat (7/1).

Menurut Dwipayana, sengaja menerjunkan 4 alat berat untuk meratakan pasir depan Pos Balawista itu. “Area yang kita ratakan ada sekitar 10 meter. Tidak banyak kok, karena itu sifatnya isidental dan permintaan dari warga,” katanya.

Upaya penataan yang dilakukan Dinas LHK bukan kali ini saja dilakukan. Sebelumnya, saat abrasi membuat sejumlah pohon perindang pantai bertumbangan dan memerlukan penanganan, petugas juga turun. “Dulu juga pernah kami ratakan pasirnya. Bukan kali ini saja,” kata Dwipayana.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas LHK Kabupaten Badung AA Gede Dalem, mengatakan penataan tersebut dilakukan untuk memfasilitasi kelancaran kegiatan yang hendak dilaksanakan di Pantai Kuta pada Minggu (9/1) pagi. Kebetulan volume sampah kiriman yang biasanya menepi di Pantai Kuta juga berkurang, sehingga penataan itu bisa dilakukan. “Kalau saat ini kondisi Pantai Kuta cenderung menurun volume sampah kiriman yang menepi. Justru yang banyak sekarang itu di Pantai Petitenget dan Batu Belig,” bebernya.

Dikatakan lebih lanjut, upaya penataan Pantai Kuta yang dilakukan sifatnya isidentil dan atas permintaan warga. “Untuk penataan yang permanen dan lebih luas, nanti itu akan dilakukan oleh Dinas PUPR,” kata Gung Dalem. *dar

Komentar