nusabali

Gus Adhi Dukung Raka Sandi Jadi Anggota KPU RI

  • www.nusabali.com-gus-adhi-dukung-raka-sandi-jadi-anggota-kpu-ri

JAKARTA, NusaBali
Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU RI dan Bawaslu RI telah menyerahkan 14 nama Calon Anggota KPU RI dan 10 Calon Anggota Bawaslu RI Periode 2022-2027 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/1).

Nantinya, nama-nama tersebut akan presiden serahkan kepada DPR RI untuk diproses menjadi 7 orang Anggota KPU RI dan 5 orang Anggota Bawaslu RI.

Dari 14 calon Anggota KPU RI terdapat salah satu peserta dari Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Anggota Komisi II DPR RI yang antara lain membidangi pemerintahan dan pemilu, AA Bagus Adhi Mahendra Putra atau biasa disapa Gus Adhi mendukung Raka Sandi menjadi Anggota KPU RI untuk masa bakti lima tahun mendatang.

"Mudah-mudahan ada dari Bali yang bisa lolos," ujar Gus Adhi saat dihubungi NusaBali, Jumat (7/1). Menurut wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Bali ini, keterwakilan Bali sangat penting. Sebab, Bali merupakan barometer demokrasi. Selain itu, hajatan-hajatan demokrasi nasional tidak lepas dari Bali.

Oleh karena itu, masyarakat Pulau Dewata perlu diapresiasi dengan cara menempatkan peserta dari Bali sebagai salah satu petugas KPU RI. "Mudah-mudahan dari Bali bisa lolos," ucap Gus Adhi sekali lagi. Gus Adhi sendiri mengapresiasi kinerja Timsel yang telah menghasilkan 14 nama Calon Anggota KPU RI dan 10 Calon Anggota Bawaslu RI.

Kini, nama-nama itu sudah berada di tangan Presiden Jokowi. DPR RI, khususnya Komisi II tinggal menanti presiden menyerahkan nama-nama itu. Bila nama tersebut telah diserahkan, Komisi II DPR RI segera menindaklanjuti dan membahas lebih seksama lagi.

"Kami menunggu presiden menyerahkan itu. Lalu segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan. Melalui uji kelayakan dan kepatutan, kami akan berusaha menghasilkan yang terbaik bagi bangsa. Lantaran kita membutuhkan figur-figur yang punya integritas tinggi dalam menyelenggaraan Pemilu," jelas anggota Fraksi Golkar ini.

Menurut Gus Adhi, penyelenggara Pemilu nanti harus menjalani tahapan-tahapan dengan baik agar hasil Pemilu berkualitas. Untuk itu, dia bersyukur dari 14 Calon Anggota KPU RI ada tiga incumbent. Tiga orang tersebut Hasyim Asy’ari, Viryan dan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Jika ada incumbent, lanjut Gus Adhi, setidaknya nanti ada yang memiliki pengalaman. Dengan begitu, jika kelak terpilih bisa berbagi pengalaman kepada pendatang baru dan mengevaluasi apa yang sudah terjadi untuk meningkatkan kualitas lebih baik lagi. "Adanya incumbent dan new comer itu sangat bagus," ucap Gus Adhi. *k22

Komentar