nusabali

Pemkab Badung Melayat ke Puri Pemecutan

Kenang Cokorda Pemecutan XI Sebagai Sosok Bersahaja dan Merakyat

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-melayat-ke-puri-pemecutan

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung melayat ke Puri Pemecutan di Jalan Thamrin Nomor 2 Denpasar, untuk memberikan penghormatan kepada almarhum Ida Cokorda Pemecutan XI, Kamis (6/1).

Rombongan Pemkab Badung dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa didampingi jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Badung. Sepanjang hayatnya, Adi Arnawa menyebut almarhum Cokorda Pemecutan XI sosok yang bersahaja dan merakyat.

Kehadiran rombongan Pemkab Badung diterima langsung oleh Ketua Warga Ageng Pemecutan AA Ngurah Rai Sudarma bersama putra almarhum Anak Agung Ngurah Agung Damar Negara, dan sejumlah kerabat Puri Pemecutan. Dalam kesempatan itu, Adi Arnawa menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya salah satu tokoh Pemerintah Kabupaten Badung di masa lalu. Sekadar diketahui, pada periode 1972-1987, Ida Cokorda Pemecutan XI pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Badung.

“Hari ini kami beserta jajaran pemerintah Kabupaten Badung melayat ke Puri Pemecutan untuk ikut berbelasungkawa atas meninggalnya Ida Cokorda Pemecutan XI. Mudah-mudahan beliau mendapatkan tempat yang layak dan semua yang ditinggalkan dapat diberikan kekuatan dan ketabahan,” ujar Adi Arnawa.

Menurut Adi Arnawa, semasa hidupnya Ida Cokorda Pemecutan XI merupakan sosok yang bersahaja dan merakyat serta memiliki dedikasi yang tinggi dalam memberikan masukan dan dorongan bagi kemajuan Pemkab Badung. Secara pribadi, Adi Arnawa mengenal pribadi Cokorda Pemecutan XI sebagai tokoh puri yang disegani. Di sisi lain, almarhum juga dinilai sebagai sosok yang blak-blakan.

“Beliau juga merupakan salah satu tokoh penting di Bali sebagai Ketua DPRD Badung dan salah satu sahabat orangtua saya yang juga pernah menjadi anggota DPRD Badung. Beliau orangnya bersahaja, sangat merakyat, blak-blakan karena selalu to the point. Semangat inilah yang perlu kita teladani dari beliau,” kata birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan.

Sementara itu, Ketua Warga Ageng Pemecutan AA Ngurah Rai Sudarma menyampaikan terima kasih atas kehadiran Adi Arnawa beserta jajaran Pemkab Badung, karena telah hadir menyampaikan belasungkawa sebagai bentuk penghormatan atas meninggalnya Ida Cokorda Pemecutan XI. Dengan doa dan dukungan dari Pemkab Badung sebagai guru wisesa, pihaknya berharap keseluruhan rangkaian upacara palebon dapat berjalan lancar.

“Mewakili Keluarga Puri Pemecutan, kami menyampaikan terima kasih atas kehadiran guru wisesa, yaitu jajaran Pemkab Badung yang telah memberikan penghormatan sekaligus mendoakan almarhum Ida Cokorda Pemecutan XI agar mendapatkan tempat yang baik nyujur sunia loka, sesuai dengan swadarma negara, swadarma desa, dan swadarma pasemetonan,” ujarnya. *ind

Komentar