nusabali

Pohon Setinggi 25 Meter Tumbang di Monkey Forest

  • www.nusabali.com-pohon-setinggi-25-meter-tumbang-di-monkey-forest

GIANYAR, NusaBali.com - Diduga karena lapuk, pohon dengan tinggi 25 meter tumbang di kawasan daya tarik wisata Monkey Forest, Desa Padang Tegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Kamis (6/1/2022) pukul 16.30 Wita.

Kejadian pohon tumbang tersebut pertama kali disaksikan oleh Nyoman Lilir, salah satu petugas Monkey Forest yang pada saat itu berada di sekitar lokasi kejadian.

Atas peristiwa itu pihak Monkey Forest kemudian menghubungi BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Gianyar untuk melakukan pemotongan pohon yang mengganggu aktivitas pariwisata tersebut.

Beruntung pada saat kejadian tumbangnya pohon jenis sono keling berdiameter 80 cm tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun kerugian dikarenakan pada area tersebut aktivitas pariwisata dan aktivitas masyarakat sedang lengang.

"Hanya saja menyebabkan putusnya sejumlah kabel listrik dan terhambatnya lalu lintas karena pohon yang tumbang melintang di badan jalan," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Prasesta.

Tidak sendiri, BPBD Gianyar yang dibantu oleh warga sekitar dan aparat kepolisian Polsek Gianyar saling bahu-membahu mengevakuasi pohon yang tumbang. "Intensitas hujan disertai angin kencang di bulan Januari tahun 2022 ini masih berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam terutama di wilayah Kabupaten Gianyar, masyarakat diimbau waspada," tegas Gusti Dibya.

Dikarenakan ukuran pohon yang cukup besar BPBD Gianyar, dan elemen yang terlibat dalam proses penanganan pohon tumbang memerlukan sejumlah waktu untuk mengevakuasi pohon. Sehingga pukul 18.20 Wita pohon yang tumbang telah berhasil ditangani dan aktivitas pariwisata serta aktivitas warga sekitar dapat berjalan normal kembali.

"Kami ingin mengimbau kembali agar masyarakat Kabupaten Gianyar tetap waspada terhadap peluang terjadinya bencana alam," tutup Gusti Dibya.

Komentar