nusabali

Kepala Satpol PP Pensiun, Sidak Masker Berhenti Total

  • www.nusabali.com-kepala-satpol-pp-pensiun-sidak-masker-berhenti-total

DENPASAR, NusaBali
Pasca Kepala Satpol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga pensiun per 1 Januari 2022, razia penegakan protokol kesehatan (prokes) terutama pemakaian masker berhenti total. Padahal sidak prokes ini digelar setiap hari sejak September 2020 lalu untuk mencegah penularan Covid-19.

Sidak prokes ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 46 dan Peraturan Walikota Nomor 48 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Adapun sanksi yang diberikan yakni denda Rp 100.000 per orang bagi yang tidak membawa dan tidak mengenakan masker, serta sanksi administrasi bagi yang menggunakan masker tidak sesuai dengan ketentuan. Bahkan, sampai saat ini aturan tersebut belum dicabut.

Akan tetapi, sejak Anom Sayoga purna tugas per 1 Januari 2022, sidak prokes di Denpasar pun terhenti. Tidak ada lagi petugas yang berjaga di pinggir jalan mengawasi pengendara agar taat masker.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Pol PP Kota Denpasar Nyoman Sudarsana, mengatakan terkait berhentinya pelaksanaan sidak pihaknya akan melakukan konfirmasi dengan Plt Kepala Satpol PP Kota Denpasar.

“Untuk sidak masker saya belum konfirmasi ke Pak Plt. Memang untuk saat ini tidak ada (razia). Siapa tahu nanti ada instruksi, kami buatkan jadwalnya dan saya akan infokan,” kata Sudarsana, Rabu (5/1).

Sementara itu, Plt Kepala Satpol PP Kota Denpasar I Made Suka Sila mengatakan untuk saat ini memang tidak ada jadwal sidak prokes. “Untuk saat ini tidak ada jadwal sidak masker,” kata Suka Sila.

Saat ditanya kapan rencana sidak prokes ini digelar kembali, dia menyatakan akan melakukan koordinasi. “Maaf, mungkin dikoordinasikan dulu ya,” ujarnya. *mis

Komentar