nusabali

Kemendagri Tes Calon Kadisdukcapil Karangasem

  • www.nusabali.com-kemendagri-tes-calon-kadisdukcapil-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
Calon Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Karangasem, Made Kusama Negara, dijadwalkan menjalani tes wawancara secara daring, Rabu (4/1).

Tes diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Kusuma Negara pejabat satu-satunya belum dilantik jadi Kadisdukcapil walau telah menuntaskan tes lelang jabatan dengan nilai tertinggi 83,11. Sesuai ketentuan, Kadisdukcapil dilantik seizin Kemendagri.

Tujuh pejabat lainnya yang meraih skor tertinggi saat lelang jabatan telah dilantik. “Wajib jalani tes dari Kementerian Dalam Negeri secara daring,” ungkap Kusuma Negara, Selasa (4/1). Saat tes lelang jabatan, Kusuma Negara yang masih menjabat Sekretaris Disdukcapil bersaing dengan Artha Negara yang menjabat Kabid Kebersihan dan Pengelola Ruang Terbuka Hijau Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dengan skor 79,97 dan I Gusti Made Sudiana Kabid Sumber Daya Satpol PP, dengan skor 76,64.

Menurut Kusuma Negara, wawancara dari Kemendagri terkait kinerja sebagai calon Kadisdukcapil. Permasalahan yang dialami dan pelayanan. Mantan Camat Sidemen ini mengatakan, secara teknis tidak ada kendala memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi ada program Jnana Kertih, memberikan pelayanan akta perkawinan kepada warga yang kawin bahkan akta diserahkan langsung saat acara perkawinan. Program lainnya Atma Kertih yakni surat kematian. Menurut Kusuma Negara, teknis pengajuan akta perkawinan atau akta lainnya cukup dimudahkan. Hanya kirim data lewat WA ke Kantor Disdukcapil, selanjutnya diproses. Dibuatkan dalam satu file lengkap berisi tandatangan elektronik. Akta bisa diambil dan dicetak di kantor desa. *k16

Komentar