nusabali

PTM 100 Persen Dimulai Besok

  • www.nusabali.com-ptm-100-persen-dimulai-besok

"Dari satgas maupun pak bupati sudah ACC kita mulai PTM penuh lusa (Kamis,red). Sekarang masih menunggu SE terbit".

SINGARAJA, NusaBali

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng berencana akan memulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Penuh menghadirkan seluruh siswa di sekolah pada Kamis (6/1) besok. Rencana itu diputuskan setelah Disdikpora Buleleng mendapatkan rekomendasi dari Satgas Penanganan Covid-19 dan persetujuan dari Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika dihubungi Selasa (4/1) kemarin mengatakan rencana PTM penuh akan diberlakukan di seluruh satuan pendidikan. Mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) SD, SMP hingga SMA/SMK sederajat.

“Sebelum penentuan kami sudah melakukan analisis, tidak mau buru-buru karena menyangkut masalah kesehatan masyarakat. Semuanya dianalisis baik dari capaian vaksin lansia dan juga GTKnya dihitung, tetapi dari capaian Buleleng sudah memenuhi syarat untuk PTM full seratus persen,” jelas Astika.

Sedangkan untuk ketentuan capaian vaksin anak didik tidak diatur dalam penerapan PTM penuh. Termasuk sekolah tidak lagi memerlukan izin orangtua dalam penerapan PTM seratus persen ini. Saat ini, Disdikpora Buleleng sedang menunggu tanda tangan surat edaran dari Bupati Buleleng. PTM penuh akan langsung dimulai begitu surat dari bupati keluar.

“Dari satgas maupun pak bupati sudah ACC kita mulai PTM penuh lusa (Kamis,red). Sekarang masih menunggu SE terbit,” imbuh pejabat asal Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Buleleng ini.

Menurut Astika dalam pelaksanaan PTM penuh, seluruh sekolah masih diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat. Selain itu seluruh siswa yang akan berada di sekolah dengan waktu belajar penuh 6 jam pelajaran, diwajibkan membawa bekal dari rumah. Ketentuan tersebut, mengingat hingga kini kantin sekolah belum dibolehkan beroperasional, untuk menghindari kerumunan.

Sementara itu, untuk kesiapan sekolah menghadapi PTM penuh 100 persen, disebut Astika tidak ada persiapan khusus. Sebab seluruh sekolah selama ini sudah beroperasi hanya saja siswa yang dihadirkan di sekolah sebagian dan diatur terjadwal. *k23

Komentar