nusabali

Baru Diaspal Sudah Rusak, Perbaikan Jalan Bangsing-Padangan Tuai Keluhan

  • www.nusabali.com-baru-diaspal-sudah-rusak-perbaikan-jalan-bangsing-padangan-tuai-keluhan

TABANAN, NusaBali
Paket perbaikan jalan Bangsing–Padangan, Kecamatan Pupuan, menuai protes. Sebab, paket perbaikan jalan sepanjang 3 kilometer baru selesai dikerjakan sudah timbul retak di puluhan titik.

Aparat Desa Padangan pun sudah memanggil rekanan perbaikan jalan dengan bantuan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 6 miliar itu.

Perbekel Padangan Wayan Wardhita membenarkan adanya pemanggilan rekanan pengerjaan jalan tersebut. Peristiwa itu sudah terjadi 3 pekan lalu pasca ditemukan adanya puluhan titik kerusakan aspal paket jalan Bangsing–Padangan. “Iya benar, kejadian (pemanggilan) sudah tiga minggu lalu karena ada kerusakan aspal,” kata Wardhita, Senin (3/1).

Menurutnya jumlah keretakan yang timbul sekitar puluhan titik di paket jalan Bangsing–Padangan sepanjang 3 kilometer itu. Diduga kerusakan terjadi karena agregat kurang padat.

Lagi pula pengerjaan paket jalan ini dilakukan November 2021 saat sedang turun hujan lebat. “Kemungkinan agregatnya kurang padat, sehingga timbul keretakan aspal di puluhan titik,” tegas Wardhita.

Dengan kondisi tersebut pihaknya pun sudah melakukan pemanggilan terhadap rekanan yang mengerjakan. Pemanggilan itu sudah langsung dihadiri Dinas PUPRPKP Tabanan. “Artinya pihak rekanan sudah mau memperbaiki. Sekarang tengah perbaikan. Yang retak itu dibongkar dan ditambal kembali,” tegas Wardhita.

Dia berharap selama proses perbaikan ini agar dilakukan dengan baik jangan sampai kejadian serupa terulang kembali. Sebab jalan Bangsing–Padangan sudah delapan tahun rusak. “Artinya perbaikan supaya betul-betul dimaksimalkan, biar kondisi jalan bisa bertahan lama,” harap Wardhita.

Terpisah Kabid Bina Marga Dinas PUPRPKP Tabanan Gede Partana seizin Plt Dinas PUPRPKP Tabanan I Gusti Ngurah Oka Kamasan, menegaskan PUPRKP sudah menegur rekanan atas kerusakan jalan tersebut.

Paket jalan ini masih dalam pemeliharaan dan menjadi tanggung jawab rekanan selama 1 tahun atau 360 hari. “Kami sudah tegur, dari rekanan sudah siap mengerjakan kalau situasi atau cuaca keadaan terang. Penyebab keretakan aspal karena faktor cuaca,” tandas Partana. *des

Komentar