nusabali

Jadi Primadona Baru, RTH Bung Karno Dikunjungi Ratusan Orang Setiap Hari

  • www.nusabali.com-jadi-primadona-baru-rth-bung-karno-dikunjungi-ratusan-orang-setiap-hari

SINGARAJA, NusaBali
Setelah resmi dibuka untuk umum pada 19 Desember 2021 lalu, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno kini menjadi destinasi wisata primadona baru bagi masyarakat Buleleng. Hal itu dibuktikan dengan ratusan kunjungan per hari.

Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Made Adiana, menyampaikan masyarakat sangat antusias datang untuk berkunjung ke Taman Bung Karno (TBK). Bahkan rata-rata pengunjung mencapai 700-an orang setiap harinya. “Kurang lebih per harinya TBK ini dikunjungi 600 sampai 700 orang pengunjung,” kata Made Adiana, Minggu (2/1) siang.

Made Adiana selaku Pelaksana Tugas dan Fungsi Penataan dan Pengelolaan RTH di kawasan perkotaan Singaraja, menjelaskan puncak kunjungan masyarakat terjadi pada sore hingga malam. Hal ini karena ada air mancur menari yang dihiasi lampu yang menarik dijadikan spot foto pada malam hari. Selain itu juga ada patung singa dan patung Bung Karno.

Terkait dengan pengamanan dan pemeliharaan TBK, pihaknya mengerahkan tenaga sebanyak 10 orang sebagai tenaga pertamanan, 15 orang sebagai tenaga penyapuan, serta tenaga keamanan dan pengendalian sebanyak 15 orang. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam merawat dan menjaga kawasan tersebut.

Terkait izin untuk menyelenggarakan kegiatan di RTH, masih dalam tahap penyempurnaan pembuatan standar operasional prosedur (SOP), jika masyarakat atau pihak ketiga nantinya ingin mengadakan pertunjukan/pagelaran seni di RTH TBK.

“Jadi kami masih dalam menyiapkan SOP-nya. Mudah-mudahan dapat memberikan informasi tentang alur dan prosedur dalam pengajuan penggunaan RTH TBK untuk menampilkan kreasi kesenian. Selain itu dalam menampilkan pergelaran seni nantinya ada sinergitas dengan Dinas Kebudayaan,” ujar Made Adiana.

Pihak dinas juga telah memasang imbauan di beberapa titik. Imbauan antara lain berisi seruan masyarakat agar tidak merusak kawasan RTH Bung Karno, serta mengikuti aturan serta untuk tetap menerapkan prokes. Dia berharap, masyarakat bersama-sama menjaga fasilitas publik ini sehingga bisa menikmati RTH dengan nyaman.  *mz

Komentar