nusabali

Uang Saku atau Gaji dalam Pelatnas Tinju Harus Jelas

  • www.nusabali.com-uang-saku-atau-gaji-dalam-pelatnas-tinju-harus-jelas

JAKARTA, NusaBali
SEA Games 2022 di Vietnam pada 12-23 Mei 2021, tinggal sekitar empat bulan lagi.

Namun Pelatnas SEA Games belum ada pemanggilan petinju sampai saat ini. Petinju asal Bali Kornelis Kwangu Langu mengatakan, Pelatnas SEA Games harus jelas semuanya.

"Jangan sampai seperti Pelatnas 2021. Kami sudah di Pelatnas, tapi tidak jadi bertanding karena masih pandemi Covid-19. Selain itu, tidak ada gaji dan uang saku. Padahal, kami sudah meninggalkan keluarga sehingga Pelatnas nanti harus jelas," ucap Kornelis, Senin (3/1).

Kornelis menyatakan, biasanya atlet mendapat uang saku dan gaji bulanan saat di Pelatnas. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung grade petinju bersangkutan. Grade itu berdasarkan medali yang diraih petinju di SEA Games sebelumnya, apakah medali emas, perak, perunggu atau petinju baru.

Di Pelatnas 2021 Kornelis mengaku hanya mendapat uang talangan sebesar satu kali untuk bulan April sampai Agustus. Bagi petinju yang sudah berkeluarga agak berat. Sebab mereka memiliki tanggungan keluarga dan harus terpisah.

Berbeda bila di daerah. Selain berlatih mempersiapkan diri berlaga di kejuaraan internasional, para petinju juga bisa mencari tambahan penghasilan untuk kehidupan sehari-hari keluarganya. Kornelis sendiri memberikan latihan secara privat kepada masyarakat yang ingin latihan tinju untuk sekedar olahraga dan menjaga kesehatan. Dia juga melatih para juniornya.

"Karena itu, jika Pelatnas nanti digelar harus jelas. Jika tidak ada biaya, Pertina dapat berkoordinasi dengan pelatih daerah. Mereka bisa menentukan petinju-petinju mana saja yang berpotensi meraih medali di SEA Games," kata peraih perak SEA Games 2019 di Filipina itu.

Petinju berpotensi bisa dilihat dari prestasi terbaru mereka di PON Papua pada Oktober 2021 lalu. Kemudian, lanjut ayah dua anak ini, minta pelatih daerah mereka untuk membinanya. Lalu berikan akomodasi kepada mereka. Dengan begitu, petinju memiliki kesempatan mencari penghasilan tambahan. Lalu juga mempersiapkan diri ke SEA Games Vietnam. Nantinya, para petinju dapat dikumpulkan mendekati keberangkatan ke Vietnam.  *k22

Komentar