nusabali

Pratama Arhan Pemain Muda Terbaik, Legenda Singapura Puji Setinggi Langit

  • www.nusabali.com-pratama-arhan-pemain-muda-terbaik-legenda-singapura-puji-setinggi-langit

SINGAPURA, NusaBali.com – Timnas Indonesia harus legowo menjadi runner up Piala AFF untuk keenam kalinya. Namun ada gelar hiburan’ bagi Tim Garuda. Timnas dianugerahi gelar ‘Tim Fair Play’ dan Pratama Arhan dinobatkan sebagai ‘Pemain Muda Terbaik’Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia harus puas sebagai runner-up di Piala AFF 2020 setelah kalah aggregate 6-2 dari Thailand. Pada laga final leg 1, Indonesia menyerah 0-4, sedangkan pada final leg 2 pasukan muda Indonesia dengan gagah berani menahan imbang Thailand 2-2.

Walau gagal menjadi juara, Indonesia mendapat sedikit pelipur lara dengan munculnya nama bek kiri berusia 20 tahun, Pratama Arhan, sebagai Pemain Muda Terbaik.

Penghargaan  berlabel‘The GOAL NXGN Award’ diraih setelah meraih 60.122 suara.  Pratama Arhan mengalahkan nama-nama seperti Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Thanawat Suengchitthawon (Thailand) dan Sieng Chanthea (Kamboja).
 
Bek yang memiliki keistimewaan lemparan super jauh ini tampil bagus sepanjang Piala AFF 2020. Pemain asal PSIS Semarang ini mampu mencetak dua gol dan membuat tiga assist. Catatan  ini sangat istimewa karena Pratama Arhan sempat absen pada dua laga.

Sementara itu gelandang dan kapten Thailand, Chanathip Songkrasin, meraih gelar Pemain Terbaik atau MVP di turnamen dua tahunan se-Asia Tenggara edisi 2020. Ini adalah kali ketiga Chanathip menjadi pemain terbaik Piala AFF. Sebelumnya pria 28 tahun itu didapuk sebagai MVP pada edisi 2014 dan 2016.

Penampilan apik Pratama arhan sepanjang turnamen juga mengundang pujian legenda Singapura, Baihakki Khaizan. Pemain yang pernah menaklukkan Timnas pada final Piala AFF 2006 ini  memuji kualitas Pratama Arhan sebagai bintang muda Indonesia dan mendukungnya agar mengembangkan karier ke level yang lebih tinggi.

"Dik, kamu ini bakal jadi pemain kelas di Asia dik.. Jaga diri kami baik-baik, main di luar untuk meningkatkan pengalaman... Luar biasa," tulis Baihakki di akun Twitter-nya.

Mentalitas Baihakki, yang pernah menjuarai tiga Piala AFF bersama Singapura pada 2004, 2007 dan 2012 bisa menjadi contoh bagi Pratama karena pernah memberanikan diri untuk meninggalkan kemapanannya untuk menjajal petualangan di liga Thailand dan Malaysia.

Pujian Baihakki yang pernah bermain untuk Persija Jakarta dan Persib Bandung ini sebelumnya sudah diungkapkan saat Indonesia menggilas Malaysia 4-1 di fase grup. “Kelasss bener ni Arhan Pratama,” tulis Baihakki Khaizan menyusul penampilan impresif bintang muda andalan timnas Indonesia tersebut

Pratama Arhan sendiri terbilang mendapatkan panggung terbaiknya di Piala AFF2020. Sebelumnya, dia hanya sekali memainkan laga debut untuk Timnas Senior pada awal tahun 2021. 

Kualitas bertahannya sangat baik. Memenangkan 80 persen tackle, memenangi lebih dari setengah dari duel udara, dan mencatat  76 persen umpan sukses dari 178 umpan sepanjang Piala AFF 2020. 

Daftar Penerima Gelar di Piala AFF 2020:
Juara: Thailand
Runner-up: Indonesia
Pemain Terbaik: Chanathip Songkrasin (Thailand)
Pemain Muda Terbaik: Pratama Arhan

Top Skor (sama-sama cetak 4 gol): 
Teerasil Dangda (Thailand)
Chanathip Songkrasin (Thailand)
Safawi Rasid (Malaysia)
Bienve Maranon (Filipina)


Komentar