nusabali

Bupati Suwirta Tutup 2021 dengan Peluncuran 2 Aplikasi

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tutup-2021-dengan-peluncuran-2-aplikasi

SEMARAPURA, NusaBali
Penghujung 2021, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta secara resmi meluncurkan dua buah aplikasi sistem informasi. Aplikasi dimaksud adalah Sistem Informasi Pengawasan Pelayaran Terintegrasi (Siwalatri) dan aplikasi Klungkung dalam Genggaman.

Bupati Suwirta mengatakan, Siwalatri merupakan sebuah sistem aplikasi dalam upaya peningkatan pelayanan serta pengawasan pelayaran menuju kepulauan Nusa Penida. Aplikasi ini ditujukan kepada para pengguna jasa transportasi laut dan pemangku kebijakan. 

“Dengan aplikasi ini maka akan didapat kemudahan layanan informasi terkait jadwal kedatangan dan keberangkatan, laporan data yang real time,” ujar Bupati Suwirta saat peluncuran aplikasi, di ruang Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Jumat (31/12/2021).

Aplikasi kedua yakni Klungkung dalam Genggaman, akan memberikan informasi data penduduk yang valid dan akurat dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, peningkatan capaian indeks pembangunan manusia, serta peningkatan keberdayaan usaha kecil dan mikro. “Para Yowana Gema Santi akan bertugas dalam melakukan input data di masing masing desa dengan cara turun langsung ke lapangan,” kata Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, ini menyebut kunci keberhasilan dalam pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat adalah keakuratan data. “Saya sengaja mengambil momen jelang pergantian tahun ini, selain untuk lebih gampang mengingatnya, juga sebagai tanda bahwa tahun 2022 nanti kita akan bekerja dan bergerak lebih cepat dalam menjalankan roda pembangunan,” tandas Bupati Suwirta.

Tentunya pergerakan roda pembangunan itu dengan dukungan data dari kedua aplikasi dimaksud, serta dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah ditandatangani pada Kamis (30/12/2021). Pemkab Klungkung melakukan pinjaman dana PEN dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dan pembangunan di berbagai bidang, di antaranya pemenuhan kebutuhan air bersih, infrastruktur jalan, serta fasilitas kesehatan. 7 wan

Komentar