nusabali

Diingatlan Tak Saling Lempar Tanggung Jawab

Bupati Sanjaya Lantik 247 Pejabat Fungsional

  • www.nusabali.com-diingatlan-tak-saling-lempar-tanggung-jawab

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya melantik dan mengambil sumpah jabatan 247 PNS dalam jabatan fungsional ahli muda dan ahli madya di ruang rapat Kantor Bupati Tabanan, Kamis, (30/12).

Bupati mengingatkan kepada para pejabat yang dilantik tak saling lempar tanggung jawab dalam bekerja. Pelantikan ini serangkaian penyederhanaan birokrasi menjadi 2 level sesuai amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 28 Tahun 2019,

247 orang PNS yang dilantik yakni jabatan fungsional ahli madya 5 orang dan fungsional ahli muda 242 orang. Acara dimulai pukul 09.00 pagi, dilakukan secara serentak diwakili 2 PNS dilantik, selanjutnya diikuti oleh peserta lainnya secara virtual.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda Tabanan Gede Susila, dan sejumlah kepala OPD. Sesuai amanat peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 28 Tahun 2019 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional, maka harus diikuti dengan pengalihan jabatan adiministrasi ke jabatan fungsional. "Pengalihan ini lebih menekankan pada keahlian dan kompetensi, sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat menjadi efisien dan efektif," ujar Bupati Sanjaya.

Dikatakan, pelantikan ini terbilang peristiwa yang langka dan bersejarah sebab baru pertama kali dilaksanakan di Tabanan. Dia berharap agar para peserta dilantik mampu bertanggungjawab atas tugas yang diberikan baik kepada diri sendiri maupun Tuhan Yang Maha Esa. ‘’Sebagai bentuk pertanggungjawaban moral dan akhlak serta menjaga marwah ASN Pemerintah Kabupaten Tabanan yang bersih dan profesional dengan meningkatkan kompetensi melalui pendidikan dan mengembangkan keahlian,” pintanya.

Terhadap PNS yang dilantik, jelas Bupati, dalam bertugas selalu mengedepankan koordinasi, komunikasi, dan integrasi dengan unit kerja lainnya. Menghindari saling lempar tanggung jawab, dan membiasakan untuk saling kerja sama dan membangun kekompakan tim dalam mencapai tujuan.

"Jangan takut berinovasi dengan menanamkan jiwa inovasi harga mati dan berpikir secara out of the box, sehingga pelayanan yang kita lakukan benar-benar dirasakan oleh masyarakat," imbuh Bupati asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan ini.  

Dia juga berharap, langkah birokrasi yang dilaksanakan hari ini dapat menjadi pedoman dalam membawa Tabanan menuju Era Baru. "Saya ucapkan selamat kepada para pejabat fungsional ahli muda dan ahli madya yang dilantik pada hari ini. Semoga Pemerintah Kabupaten Tabanan dapat mewujudkan visi Nangun sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana di Kabupaten Tabanan dengan membuat perencanaan strategis," harapnya. *des

Komentar