nusabali

3 Proyek Prioritas PUPR Digarap Tahun Depan

  • www.nusabali.com-3-proyek-prioritas-pupr-digarap-tahun-depan

Penataan kawasan Sanur terutama di Pantai Semawang masih terganjal soal lahan.

DENPASAR, NusaBali

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar siap menggarap tiga proyek pembangunan yang menjadi prioritas di 2022 mendatang. Tiga proyek pembangunan tersebut yakni lanjutan penataan Pasar Kumbasari, penataan kawasan Sanur, dan pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) dan tempat pengolahan sampah reuse, reduce, recycle (TPS3R).

Kepala Dinas PUPR Kota Denpasar Anak Agung Bagus Airawata, menyatakan pembangunan lanjutan penataan Pasar Kumbasari akan dikerjakan tahun depan. “Yang sudah dikerjakan baru bagian depan pasar, dan lanjutan pembangunannya dilakukan tahun depan yakin los dan kios di dalam,” ujar Bagus Airawata, Kamis (30/12).

Kemudian untuk penataan kawasan Sanur, terutama pedestrian atau jogging track akan dilanjutkan Pemerintah Kota Denpasar. Karena sebelumnya telah dikerjakan oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali–Penida. “Tahun depan Pemerintah Kota Denpasar dalam hal ini Dinas PUPR yang mengambil alih pengerjaannya. Masih ada sedikit permasalahan, terutama di Pantai Semawang karena terganjal lahan,” ungkap Bagus Airawata.

Lahan yang dimaksud itu yaitu jalan pedestrian yang akan digarap melalui lahan atau duwen salah satu pura di sana. Dan masalah ini sedang dikoordinasikan dengan pihak pangempon pura.

Dan satu lainnya yakni pembangunan TPST dan TPS3R. Terkait pembangunan TPS3R dan TPST ini pihaknya kini masih melakukan penyusunan anggaran serta izin dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan khusus TPST yang rencana dibangun di wilayah taman hutan rakyat (tahura).

Jika tempat pengolahan sampah ini selesai digarap, maka Denpasar akan memiliki 20 TPS3R dan tiga TPST. Sementara untuk pembangunan di tahun 2021 ini, PUPR Kota Denpasar melakukan pembangunan serta revitalisasi untuk sembilan tempat, empat di antaranya direvitalisasi. “Untuk sembilan TPS3R ini ditarget selesai akhir Desember ini,” tandas Bagus Airawata. *mis

Komentar