nusabali

Walikota Lantik 299 Pejabat Fungsional Hasil Penyetaraan

  • www.nusabali.com-walikota-lantik-299-pejabat-fungsional-hasil-penyetaraan

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara melantik sebanyak 299 pejabat fungsional Pemkot Denpasar hasil penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional, di Ruang Praja Utama, Pemkot Denpasar, Kamis (30/12).

Pelantikan ini dilakukan sebagai tindak lanjut perubahan nomenklatur. Walikota Jaya Negara menjelaskan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional ini merupakan tindak lanjut kebijakan Presiden Joko Widodo dalam usaha penyederhanaan birokrasi. Penyederhanaan birokrasi dibagi menjadi dua tingkatan eselon, yakni Jabatan Administrator (Eselon III) dan Pengawasan (Eselon IV) yang diganti menjadi jabatan fungsional.

“Penyederhanaan birokrasi ini sangat penting untuk memberikan penekanan bahwa birokrasi bersifat dinamis, lincah, dan profesional dalam mewujudkan efektifitas dan efisiensi dalam mendukung tugas pokok dan fungsi. Dengan penyederhanaan ini harapan kita bisa mempercepat pelayanan bagi masyarakat,” ujar Walikota Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara menambahkan, melalui penyetaraan jabatan ini diharapkan ASN dapat mengubah kultur birokrasi menjadi lebih baik. Begitu juga pemangku jabatan fungsional diharapkan memiliki motivasi lebih tinggi dalam meningkatkan keterampilan, kompetensi, dan kinerja sekaligus mempunyai peluang yang luas untuk mengembangkan ide kreatif dan jenjang karier.

“Ini peluang besar untuk bekerja sesuai kompetensi, lebih produktif, inovatif, dan jenjang karier yang luas. Kita ubah kultur birokrasi kita dengan mengedepankan kompetensi,“ tandas Walikota Jaya Negara.

Walikota Jaya Negara mengajak para pejabat yang dilantik untuk memaknai penyetaraan ini secara positif dan memanfaatkan peluang untuk bisa mengembangkan potensi diri dan karier hingga ke tingkat jenjang fungsional ahli utama.

Walikota Jaya Negara memotivasi para pejabat fungsional untuk meningkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, sehingga pekerjaan akan lebih produktif dan mendapatkan angka kredit sesuai target hingga bisa naik pangkat/golongan sesuai yang direncanakan.

“Harapan kami tentu pejabat fungsional yang baru ini dapat segera bekerja dengan optimal mendukung pembangunan dan pelayanan publik di Kota Denpasar. Teruslah berinovasi di tengah kemajuan zaman dan pesatnya tuntutan masyarakat untuk mewujudkan Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul),” ujar Walikota Jaya Negara.

Pengambilan sumpah dan janji dilaksanakan secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hadir di acara tersebut Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Forkopimda, Sekda Denpasar IB Alit Wiradana, serta pimpinan OPD dan pejabat yang dilantik. *mis

Komentar