nusabali

Satpol PP Siagakan 152 Personel

Pengamanan Malam Pergantian Tahun

  • www.nusabali.com-satpol-pp-siagakan-152-personel

MANGUPURA, NusaBali
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung, mengerahkan 152 personel guna membantu pengamanan saat malam pergantian tahun.

Para personel ini tersebar di seluruh wilayah Badung. Khusus kawasan objek wisata Pantai Kuta, dikerahkan sebanyak dua regu yang beranggotakan 20 orang. “Sejumlah personel juga akan dikerahkan untuk melakukan patroli di masing-masing wilayah,” kata Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, Kamis (30/12).

Dikatakan, pada momentum pergantian tahun akan mengerahkan kekuatan penuh di seluruh wilayah Badung. Nantinya, personel akan melakukan apel gabungan di masing-masing kecamatan dan mulai bergerak saat pukul 23.00 Wita hingga pagi. “Atensi yang kami lakukan ini mengacu pada Inmendagri 66 dan juga SE Gubernur,” tegas Suryanegara.

Menurut Suryanegara, sesuai ketentuan pada momen pergantian tahun nanti, masyarakat diminta tidak melaksanakan perayaan khusus, terutama yang dapat menimbulkan kerumunan. Termasuk di antaranya seperti menyalakan mercon, kembang api, ataupun sejenisnya. Jika itu sampai terjadi dan menjadi temuan, maka dia memastikan tim gabungan tidak akan tinggal diam. “Kalau ada kerumunan akan dibubarkan, sementara penyelenggara kegiatan akan disita identitasnya untuk diproses lebih lanjut,” tegas mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu.

Lebih lanjut dikatakan, total kekuatan yang akan diterjunkan untuk membantu pengamanan saat malam pergantian tahun mencapai 152 personel. Selain melakukan patroli, ada juga yang melakukan pengawasan pada 6 pos. Tiga di antaranya berada di wilayah kerja Polres Badung, dan tiga lainnya di wilayah kerja Polresta Denpasar. Atensi malam pergantian tahun tersebut dipastikan akan berlangsung hingga pagi, itu sekaligus untuk mengantisipasi adanya pihak yang dengan sengaja memundurkan jadwal perayaan. “Kita khawatir ada yang curi-curi waktu. Misalnya dengan baru mulai aktivitas pada pukul 01.00 Wita,” ucapnya.

Suryanegara menambahkan, dari hasil koordinasi dengan pihak terkait, Kuta bakal dijadikan sebagai lokasi pusat komando pemantauan tahun baru. “Dari Polda merencanakan di depan Beachwalk sebagai pusat komando pemantauan keliling. Jadi pos komando ini bukan untuk merayakan tahun baru, melainkan untuk pusat pemantauan dan kami ada dua regu yang standby,” tandasnya. *dar

Komentar