nusabali

Sebagian Pedagang Dikembalikan ke Pelataran Pasar Kumbasari

Ujicoba Awal Januari 2022, Dilakukan Penataan Agar Tak Kumuh

  • www.nusabali.com-sebagian-pedagang-dikembalikan-ke-pelataran-pasar-kumbasari

DENPASAR, NusaBali
Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar sudah menentukan lokasi untuk pedagang Pelataran Pasar Kumbasari yang kini masih menempati kawasan basement Pasar Badung.

Mereka sebagian akan ditempatkan kembali di tempat sebelumnya di Pelataran Pasar Kumbasari, namun ditata lebih baik. Hal itu diungkapkan Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata, Rabu (29/12). Menurut dia, untuk pedagang pelataran Pasar Kumbasari sudah pasti diberikan tempat. Bahkan, sekarang juga mereka dapat tempat berjualan di tempat rekokasi.

Namun dia mengatakan penataan Kawasan Heritage Gajah Mada yang di dalamnya mencakup penataan Plaza Pasar Badung dan bangunan Pasar Kumbasari.

"Renovasi ini tentu mengganggu tempat berjualan pedagang sehingga mereka perlu direlokasi sementara untuk melanjutkan aktifitas jualan," jelasnya. Pasca pembangunan tahap pertama ini menurut dia, rencananya pedagang pelataran Pasar Kumbasari akan diujicoba untuk dikembalikan ke lokasi semula, tapi tidak semua pedagang. Sesuai kesepakatan setengah pedagang kering akan kembali ke pelataran Pasar Kumbasari. Mereka akan ditata dengan baik, tidak berjubel sehingga punya daya tarik sebagai ikon pasar rakyat yang modern.

Sementara, uji coba akan diterapkan dengan ketegasan bahwa para pedagang harus mengikuti aturan dengan pakta integritas dan sanggup menjaga kebersihan, kerapian, keseragaman wadah jualan, kenyamanan, estetika kawasan, sehingga menjadi ikon pasar pelataran di Kota Denpasar.  Persiapan dan sosialisasi menurut dia sudah dilakukan dengan pedagang. "Direncanakan secepatnya dilakukan, minimal awal tahun 2022 sudah bisa terealisasi. Disebut uji coba karena di tahun 2022 ada kelanjutan renovasi bangunan Pasar Kumbasari," imbuhnya.

Selama uji coba kurang lebih 122 pedagang kembali ke pelataran Pasar Kumbasari. Lalu sebanyak 124 pedagang lainnya masih dipertahankan di basement Pasar Badung. Sisanya 101 pedagang ikan sudahmasuk di pasar bebas di bawah central parkir selatan Pasar Kumbasari. *mis

Komentar