nusabali

Perbaikan Pos Balawista Telan Rp 600 Juta

Dinas Pariwisata Menagetkan Pengerjaan Rampung Besok

  • www.nusabali.com-perbaikan-pos-balawista-telan-rp-600-juta

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pariwisata Kabupaten Badung menggeber perbaikan Pos Balawista di Pantai Kuta.

Perbaikan khusus pada bagian fondasi yang mengalami abrasi parah. Perbaikan tersebut dianggarkan sebesar Rp 600 juta, bersumber dari dana tidak terduga. Ditarget perbaikan selesai besok.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pariwisata Badung Cokorda Raka Darmawan, mengatakan perbaikan Pos Balawista yang terdampak abrasi mulai dikerjakan pada 8 Desember 2021. Perbaikan melibatkan tim teknis, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Setelah adanya instruksi dari Bapak Bupati, kami langsung berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk Dinas PUPR. Pengerjaan sudah dimulai awal Desember lalu,” kata Raka Darmawan, Rabu (29/12) siang.

Dana yang dikucurkan dalam perbaikan fondasi Pos Balawista itu sebesar Rp 600 juta. Dana tersebut berasal dari anggaran tidak terduga. Dengan anggaran sebanyak itu, diharapkan pos tersebut bisa kembali berfungsi seperti sediakala. “Sesuai target pengerjaan rampung pada 31 Desember 2021 (besok). Harapannya pada awal tahun sudah bisa difungsikan lagi,” harap Raka Darmawan.

Pantauan di lapangan, perbaikan Pos Balawista mengerahkan belasan pekerja dan juga satu alat berat. Pengerahan alat berat untuk melakukan pengerukan pasir sekitar 2 meter di bagian fondasi.

Selain itu, batu berukuran cukup besar juga diangkut untuk ditimbun pada bagian dasar bangunan. Langkah tersebut untuk memperkuat bangunan agar tidak mudah rusak saat terjadi air pasang.

Sebelumnya, bangunan Pos Balawista yang berada tepat di depan kantor Satgas Pantai Kuta atau sebelah selatan gerbang utama Pantai Kuta, mengalami abrasi saat terjadi banjir rob beberapa waktu lalu. Akibatnya, fondasi bangunan dua lantai itu seperti nyaris ambruk. Khawatir bangunan ambruk, petugas mengevakuasi seluruh isi bangunan dan dipasangi garis penanda di sekelilingnya. *dar

Komentar