nusabali

Museum Rudana Luncurkan Lukisan 'Gunung Agung' Karya SBY

  • www.nusabali.com-museum-rudana-luncurkan-lukisan-gunung-agung-karya-sby

GIANYAR, NusaBali
Presiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kini aktif melukis karyanya dilirik museum.

Sebanyak 2 lukisan SBY dengan judul ‘Gunung Agung’ dan ‘Gunung Fujiyama’ diluncurkan di Museum Rudana, Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Rabu (29/12) siang.

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI), Putu Supadma Rudana meluncurkan langsung lukisan yang digores di atas kanvas dengan ukuran 130 cm  x 80 cm oleh SBY itu. Peluncuran dihadiri pendiri Museum Rudana Nyoman Rudana, Duta Besar Rumania Dan Adrian Balanescu dan tokoh masyarakat lainnya.

Ketua Umum AMI Supadma Rudana mengatakan lukisan Gunung Agung dan Gunung Fujiyama yang digoreskan Presiden ke 6 RI SBY merupakan bentuk kecintaan sosok tokoh dunia itu atas seni dan budaya. Terutama yang bertema alam. "Ini bentuk kecintaan beliau (SBY, Red) dengan nilai seni lukis, kecintaan dengan alam dan lingkungan," ujar Supadma Rudana. Kata Supadma Rudana, lukisan Gunung Agung dan Gunung Fujiyama menggunakan objek foto Gunung Agung dan Gunung Fujiyama yang dijepret oleh Ani Yudhoyono (almarhum). "Gunung Agung merupakan Gunung yang disucikan di Bali. Gunung yang terletak di Kaja Kangin (timur laut) sangat dimuliakan masyarakat Bali," ujar Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Demokrat ini.

Lukisan Gunung Agung dan Gunung Fujiyama oleh SBY ini akan menjadi koleksi pribadi Museum Rudana. "Asosiasi Museum Indonesia sangat apresiasi dengan Bapak SBY sebagai tokoh nasional bahkan internasional, yang mempersembahkan karya seni hasil goresan sendiri untuk kemuliaan seni dan budaya," ujar Supadma Rudana.

Menurut Supadma Rudana tidak ada bau politik dalam peluncuran lukisan karya SBY oleh AMI. "Tidak ada unsur politis dalam peluncuran lukisan ini, karena Museum adalah rumah kebudayaan, tempat pemuliaan peradaban bangsa," ujar putra tokoh dan mantan Senator Nyoman Rudana ini. *nat

Komentar