nusabali

12.000 Personel Polda Bali Amankan Malam Tahun Baru

Selain Jaga Kamtibmas Juga Awasi Ketat Prokes

  • www.nusabali.com-12000-personel-polda-bali-amankan-malam-tahun-baru

DENPASAR, NusaBali
Pengamanan malam pergantian tahun 2020 ke tahun 2021 mendapat perhatian khusus Polda Bali. Salah satu yang jadi penekanan dalam pengamanan ini adalah pengendalian Covid-19.

Untuk mencapai hasil maksimal Polda Bali menurunkan 12.000 personel.  Ribuan personel Polda Bali ini akan bergabung dengan aparat TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pecalang, Satpam, dan instansi terkait lainnya. Personel yang diturunkan ini tersebar di seluruh Bali utamanya di kawasan wisata yang jadi tujuan wisatawan. Para personel ini tersebar untuk memastikan penerapan protokol kesehatan (Prokes) dan juga menjaga Kamtibmas.

Hal ini disampaikan Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana di sela jumpa pers akhir tahun 2021 di Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Mapolda Bali, Rabu (29/12). Personel gabungan tersebut akan disebar di beberapa pos pengamanan di beberapa titik di seluruh Bali. Ribuan personel ini juga akan melakukan penebalan pengamanan di pintu-pintu masuk Bali, seperti di Pelabuhan Padangbai, Karangasem dan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana.

Tindakan serupa juga dilaksanakan di objek-objek wisata, seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur serta Ubud. Bukan hanya penebalan pengamanan, Polda juga menggandeng Dinas Perhubungan Provinsi Bali untuk melakukan rekayasa lalu lintas di wilayah Kuta. Polda Bali nantinya akan melihat situasi di kawasan Pantai Kuta. Jika terjadi kepadatan maka dilakukan penutupan, sehingga hanya pejalan kaki yang boleh masuk. Selain itu kawasan Pantai Kuta hanya dibuka sampai pukul 23.00 Wita.

"Nanti kita lihat situasi. Kalau padat maka dilakukan buka tutup untuk kendaraan. Malam pergantian tahun itu yang jadi perhatian adalah penerapan Protokol Kesehatan (Prokes). Kami juga akan gencar melakukan Testing, Tracing dan Treatment (3T) sebagai antisipasi masuknya varian baru Omicron," ungkap Brigjen Ketut Suardana.

Jenderal bintang satu di pundak ini membeberkan vaksinasi di Bali sudah mencapai 102 persen lebih untuk dosis pertama dan 90 persen lebih untuk dosis kedua. Sementara vaksinasi anak-anak dari usia 6-11 tahun sudah mencapai 85 persen. "Kami berharap vaksinasi segera rampung. Untuk vaksinasi anak kami targetkan rampung akhir Desember tahun ini. Kami juga membentuk satgas Covid-19 di seluruh Polsek jajaran dan melanjutkan satgas yustisi agar pandemi ini cepat berakhir," pungkasnya. *pol

Komentar