nusabali

Bank BPD Bali Fasilitasi UMKM/IKM Jualan di Bandara

  • www.nusabali.com-bank-bpd-bali-fasilitasi-umkmikm-jualan-di-bandara

DENPASAR,NusaBali
PT Bank Pembangunan Daerah Bali (Bank BPD Bali) terus mendorong pemberdayaan IKM/UMKM di Bali.

Salah satunya dengan memfasilitasi tempat promosi penjualan di Terminal Kedatangan Bandara I  Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kuta Badung.

Dengan tagline “ Banking with Touch Balinese Culture” , soft launching UMKM Bank BPD Bali Madolan, dilakukan, Selasa (28/12).

Hadir dalam  kegiatan tersebut  Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny Suastini Putri  Koster, Kepala Kantor Perwakilan  Bank Indonesia Provinsi Bali  (KpwBI Bali) Trisno Nugroho, jajaran Komisaris dan direksi Bank BPD Bali.

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma  mengatakan upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bali dalam rangka memulihkan ekonomi nasional perlu senantiasa didukung.

Untuk itu, sinergi seluruh stakeholder  menjadi kata kunci menuju Bali Bangkit. “Dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bali searah dengan kebijakan Bank Indonesia, khususnya terkait pembiayaan,” ujar Sudharma.

Dikatakan, Bank BPD Bali  senantiasa meningkatkan kapasitas dan sinergi di luar pembiayaan kepada UMKM. Juga mengarahkan menuju digitalisasi, termasuk on boarding UMKM. Sehingga kata Sudharma  penjualan produk-produk UMKM Bali tidak hanya menyasar konsumen lokal, melainkan juga nasional dan internasional.

Terkait hal itu, pihaknya  berterima kasih kepada PT Angkasa Pura  (Persero) yang membuka ruang bagi pelaku UMKM mempromosikan produk berkualitas kepada dunia.

Sudharma juga  menyatakan terimakasih kepada Ketua Dekranasda Bali Ny Suastini Putri Koster yang sudah memberikan arah dan sinergi dalam rangka promosi produk-produk kerajinan UMKM di Bali.

Dikatakan Sudharma, hal itu  searah dengan kebijakan  Pemerintah pusat yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi tanggal 3 Desember 2021 mengenai Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali yang di dalamnya terdapat 6 sektor yang fokus terhadap pemberdayaan IKM dan UMKM.

Kata  Sudharma, ‘UMKM Bank BPD Bali Madolan’, merupakan wujud nyata pengejawantahan ekonomi kreatif dan digital. “Ini bisa kita wujudkan di akhir tahun 2021,” ujarnya.

Pihaknya  juga berterima kasih sehubungan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo di Taman Budaya Art Center, Denpasar.  “QRIS kami ada di di situ. Pastinya dilihat langsung oleh Presiden Jokowi dan tentunya Bunda Putri Koster tentu menyampaikan mengenai program digitalisasi sinergi Bank BPD Bali dengan pelaku UMKM,” ucap Sudharma.

Dia berharap sinergi  Bank BPD Bali dengan Bank Indonesia dan Dekranasda Provinsi Bali semakin mantap. Dengan demikian, ekonomi Bali segera bangkit.

Ketua Dekranasda Bali Ny Suastini Putri Koster, mengapresiasi upaya yang dilakukan  Bank BPD Bali bekerjasama dengan pihak Angkasa Pura.

“Di sini kerjasama yang bagus antara Angkasa Pura , Bank Pembangunan Daerah Bali, dari BI  (Bank Indonesia) juga dan kurasi di Dekranasda, sehingga IKM kita bisa menghadirkan produk-produknya,” ujar  Putri Suastini Koster.

Selama ini kata dia, mungkin karena tidak diangkat, orang memandang sebelah mata IKM. Padahal IKM -lah yang punya produk-produk  etnic,  karya-karya nak (orang) Bali  yang luar biasa sesungguhnya,”  ujar Suastini Putri Koster.

Karena itu dia mengajak, untuk mengangkat IKM. “Namanya saja industri kecil, kalau bukan kita yang memberi ruang, membantu mereka, membantu pemasarannya… siapa lagi,” tandasnya. Buktinya setelah  dilakukan, IKM bisa tampil dengan mempesona. *K17

Komentar