nusabali

Bangun SMP Negeri, Badung Anggarkan Rp 32 Miliar

  • www.nusabali.com-bangun-smp-negeri-badung-anggarkan-rp-32-miliar

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung menyiapkan anggaran Rp 32 miliar untuk pembangunan SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 7 Mengwi, yang diwacanakan sejak tahun 2018 lalu.

Menurut rencana pembangunan fisik akan dimulai pada tahun 2022 mendatang. Sesuai perencanaan lokasi pembangunan SMPN 5 Abiansemal akan berdiri di Desa Adat Gerih, Desa/Kecamatan Abiansemal. Sementara untuk lokasi pembangunan SMPN 7 Mengwi, yakni di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi.

Anggaran pembangunan kedua SMP negeri tersebut sudah dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2022. Hal tersebut terungkap saat rapat pembahasan hasil evaluasi Gubernur Bali terhadap RAPBD tahun 2022 di Gedung DPRD Badung, Senin (27/12).

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Badung Ni Luh Suryaniti, mengatakan pembangunan dua SMP negeri tersebut sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Namun, akan diwujudkan pada tahun depan. “Kedua gedung SMP negeri ini akan diwujudkan di 2022 dengan total anggaran Rp 32 miliar,” ujarnya.

Selain membangun gedung SMPN 5 Abiansemal dan SMPN 7 Mengwi, Suryaniti juga menambahkan ada anggaran untuk pembangunan gedung SD. “Misalnya, untuk pembangunan SD Kuwum dirancang Rp 3,5 miliar. Selain itu juga ada pengadanaan tanah SD Dalung Rp 7 miliar. Dana ini sebagai ganti rugi setelah melalui proses pengadilan,” jelas Suryaniti yang notabene Kepala Inspektorat Badung.

Wakil Ketua Komisi I Made Ponda Wirawan, menyambut baik atas rencana tersebut. Sebab, menurutnya wacana pembangunan ini sudah lama. “Rencana pembangunan itu sudah tiga tahun. Makanya, saya sangat menyambut baik jika akan diwujukan tahun depan,” katanya.

Untuk diketahui, SMPN 5 Abiansemal merupakan sekolah yang baru berdiri. Selama menunggu proses pembangunan gedung sekolah, para siswa belajar satu atap dengan SD 1 Abiansemal dan SD 5 Abiansemal. Sementara untuk kegiatan belajar mengajar SMPN 7 Mengwi saat ini meminjam tempat di SD 4 Cemagi. *ind

Komentar