nusabali

Indonesia Andalkan Kolektivitas

Shin Tae-yong Intip Duel Thailand-Vietnam

  • www.nusabali.com-indonesia-andalkan-kolektivitas

Lewat torehan 18 gol, statistik memperlihatkan Timnas Indonesia sebagai tim yang mengandalkan kolektivitas. Karena tercatat sepuluh pemain menyumbangkan gol.

SINGAPURA, NusaBali

Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020 dengan catatan mentereng. Skuad asuhan Shin Tae-yong membukukan 18 gol. Dengan catatan itu, Asnawa Bahar dkk menjadi tim paling produktif. Mereka diprediksi akan mengandalkan kolektivitas untuk membendung Thailand pada laga final, Rabu (19/12) besok dan Sabtu (1/1).

Lewat torehan 18 gol, data statistik memperlihatkan Timnas sebagai tim yang mengandalkan kolektivitas. Karena tercatat sepuluh pemain menyumbangkan gol. Sebarannya dapat dikatakan merata. Dari lini belakang, tengah sampai depan.

Sejauh ini, Irfan Jaya menjadi pemain dengan sumbangan gol terbanyak, tiga gol . Jumlah gol Irfan berselisih satu gol dengan top skorer sementara, yakni Bienvenido Maranon (Filipina), Safawi Rasid (Singapura), dan Teerasil Dangda (Thailand).

Shin Tae-yong Memata-matai Permainan Thailand Jelang Berjumpa Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020

Sementara itu, pelatih Timnas Shin Tae-yong diketahui menyempatkan diri menonton laga leg 2 semifinal Piala AFF 2020 antara Thailand kontra Vietnam, Minggu (26/12) malam.

Kehadiran Shin Tae-yong di National Stadium untuk menganalisis permainan calon lawan di final. Dia ditemani asistennya di Timnas, Choi In-cheol dan Nova Arianto. Shin Tae-yong sendiri mengaku akan mempersiapkan strategi terbaik pada laga final nanti.

"Berada di pertandingan Thailand melawan Vietnam bersama Choi In-cheol dan Nova Arianto. Saya menganalisis sambil mencari intuisi di lapangan. Sekarang, Indonesia hanya melihat kejuaraan ini. Ayo, persiapkan dengan baik," kata Shin Tae-yong di akun Instagram-nya. Sedangkan Nova Arianto menyambut antusias laga final Piala AFF 2020. Nova berpesan agar para pemain tak euforia berlebihan dan fokus ke laga final. Menurut Nova, keberhasilan Timnas tak terlepas dari rencana Tuhan. Apalagi laga berlangsung dramatis karena harus ditentukan melalui duel selama 120 menit.

"Pertandingan itu drama yang terjadi dalam sepakbola dan kita harus selalu percaya ini semua rencana Tuhan," tulis Nova Arianto di akun Instagram-nya.

Duel final antara Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020 digelar dalam dua leg di National Stadium, pada Rabu (29/12) dan Sabtu (1/1). Laga final itu menjadi yang keenam bagi Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2021. Namun tak satupun gelar diraih pada laga final sebelumnya. *

Komentar