nusabali

BPBD Karangasem Bersihkan Tiga Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-karangasem-bersihkan-tiga-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali
Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Karangasem membersihkan tiga pohon tumbang menimpa rumah di Lingkungan Padangkerta Kelod, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Senin (27/12) pagi.

Anggota TRC BPBD cukup lama membersihkan pohon intaran yang bersandar di rumah Ida Bagus Kariyasa. Dalam sehari, BPBD membersihkan tiga pohon tumbang di tempat berbeda.  

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem I Nyoman Siki Ngurah didampingi Sekretaris Ida Bagus Ketut Arimbawa mengakui timnya kesulitan membersihkan pohon intaran sepanjang 8 meter dengan diameter 30 cm. Anggota berhati-hati membersihkan pohon ini agar tidak mengenai atap rumah. “Pohon bersandar pada tembok rumah,” ungkap Siki Ngurah. Petugas kesulitan melakukan pemotongan dahan dan ranting pohon karena ada di tengah-tengah padat pemukiman penduduk.

BPBD juga membersihkan pohon tumbang menimpa kabel listrik di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem. Petugas memotong pohon menggunakan mobil crane. Sebab dahan beringin yang patah masih bergelayutan. Sebelum pembersihan, BPBD berkoordinasi dengan PLN untuk pemadaman listrik. Selanjutnya mengevakuasi pohon aren tumbang di Banjar Tiyingseka, Desa/Kecamatan Bebandem. Daun pohon aren mengenai atap rumah. “Pohon tumbang mengenai atap rumah, namun tidak menimbulkan kerusakan. Saat melakukan evakuasi mesti hati-hati agar tidak menimpa atap bangunan,” jelas Siki Ngurah. *k16

Komentar