nusabali

Ibadah Natal di Denpasar Dijaga Pecalang

  • www.nusabali.com-ibadah-natal-di-denpasar-dijaga-pecalang

DENPASAR, NusaBali.com - Jemaat Gereja GPIB Maranatha Denpasar melangsungkan ibadah Natal dengan pengamanan ketat personel gabungan dari TNI/Polri hingga pecalang, Sabtu (25/12/2021). Ibadah Natal berlangsung sebanyak dua sesi, pukul 06.00 Wita dan 09.00 Wita dipimpin Pendeta Yvonne Makatita.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, sempat meninjau pelaksanaan ibadah  jemaat gereja yang beralamat di Jalan Surapati Denpasar. Pantauan NusaBali.com protokol kesehatan dilaksanakan mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. 

“Ibadah Natal dilaksanakan dua kali, berjalan dengan lancar. Puji Tuhan tadi kami juga didatangi oleh pak Walikota Denpasar beserta semua pimpinan di Denpasar,” ujar Ketua Satgas Covid-19 Gereja GPIB Maranatha Denpasar, Samuel Uruilal, Sabtu (25/12/2021) seusai ibadah Natal.

Samuel mengatakan, pihaknya bersyukur dengan bantuan dari pihak aparat kepolisian maupun TNI yang sigap melakukan pemeriksaan kepada semua jemaat yang hendak masuk ke dalam gereja. 

Termasuk, ujarnya, dengan adanya bantuan para pecalang Banjar Abasan, Desa Adat Denpasar, yang turut membantu kelancaran jalannya ibadah umat Kristen di Gereja Maranatha Denpasar. “Mereka dari kemarin menjaga kami, mereka yang mengatur parkir di mana jemaat bisa mendapatkan tempat parkir,” kata Samuel yang juga Ketua 1 Pengurus Harian Majelis Jemaat GPIB Maranatha Denpasar. 

Samuel pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran jalannya ibadah Natal, baik pada ibadah malam Natal hingga ibadah pada Hari Natal. “Dari kami atas nama Majelis Gereja Maranatha Denpasar, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, pecalang Banjar Abasan, Kepala Desa Dangin Puri, terima kasih kepada teman-teman polisi, rekan pers yang selalu membantu mengingatkan kami ibadah ini berjalan dengan prokes yang ketat,” ucap Samuel. 

Sementara Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, ketika meninjau pelaksanaan ibadah Natal mengatakan bersyukur umat kristiani di Kota Denpasar sudah bisa melaksanakan ibadah Natal meski masih dalam suasana pandemi Covid-19. 

Walikota Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada pihak Gereja Maranatha Denpasar karena pelaksanaan ibadah Natal telah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. 

“Kami hanya bisa berdoa agar pelaksanaan ini bisa berjalan dengan lancar, semua umat diberikan kedamaian, diberikan kesehatan, kekuatan untuk menyongsong tahun baru kita dengan penuh harapan,” tutur Walikota Jaya Negara.

Ketua Pecalang Banjar Abasan, Desa Adat Denpasar, I Nyoman Gede Astana, menyampaikan terlibatnya pecalang dalam ibadah Natal umat kristiani sebagai bentuk toleransi antarumat beragama.  Pihaknya menugaskan 13 orang pecalang untuk ikut mengamankan pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Maranatha Denpasar.

“Astungkara biar tetap berjalan dengan baik sembahyangnya, tidak ada polemik atau masalah di areal wilayah kami,” sebut Gede Astana.

Komentar