nusabali

Polres Bangli Siapkan Pos di Perbatasan dan Tempat Wisata

Operasi Lilin Agung 2021

  • www.nusabali.com-polres-bangli-siapkan-pos-di-perbatasan-dan-tempat-wisata

BANGLI, NusaBali
Menjelang Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) Polres Bangli menggelar Operasi Lilin Agung 2021.

Selama Operasi Lilin ada ada pos cek point di perbatasan wilayah Bangli dan pos penjagaan lainnya di kawasan wisata. Hal tersebut terungkap saat apel gelar pasukan di halaman Mapolres Bangli, Kamis (23/12). Apel tersebut dipimpin Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan didampingi Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana.

Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan mengatakan Operasi Liling berlangsung 24 Desember hingga 2 Januari. Operasi Lilin melibatkan personel gabungan dari Polres Bangli, Kodim 1626/Bangli, Dinas Perhubungan Bangli, Satpol PP Bangli, Dinas Kesehatan.

Dalam pelaksanaan Operasi Lilin ini dibangun 3 pos masing-masing pos terpadu, pos pengamanan, pos pelayanan. Untuk pos terpadu berada di wilayah Penelokan, Kecamatan Kintamani. Pos untuk mengawasi obyek wisata di wilayah Kintamani.

Selanjutnya pos pelayanan ada di obyek wisata Desa tradisional Penglipuran. Sedangkan pos pengamanan ada di simpang empat alun-alun kota Bangli. "Untuk pos terpadu dan pos pengamanan petugas bertugas selama 24 jam. Untuk pos pelayanan di Penglipuran hanya sampai tutup obyek tersebut," ungkapnya.

Tidak hanya tiga pos tersebut, akan ada pengawasan ketat bagi masyarakat yang masuk wilayah Bangli. Yang mana akan ada pos cek point di perbatasan. Pos cek point melibatkan tim yustisi/satgas COVID-19. "Pos cek point ada di setiap perbatasan. Nantinya petugas akan mengecek pengedaran yang melintas. Akan dicek aplikasi peduli lindungi apakah sudah vaksin atau belum. Bagi yang belum vaksin akan langsung diarahkan ke puskesmas terdekat untuk vaksin COVID-19," Kata AKBP Gusti Agung Dhana.

Soal perayaan malam tahun baru, AKBP Gusti Agung Dhana menyebutkan jika pihak sudah melakukan sosialisasi ke desa agar tidak ada membangun posko. Selain itu fasilitas lapangan akan ditutup. "Tidak ada membuat posko, pawai atau arak-arakan. Khusus untuk pameran UMKM masih diperbolehkan," tegasnya.

Ditambahkan pula, untuk personel yang terlibat dalam operasi lilin ada ratusan orang. Personel Polres ada 154 orang, personel gabungan instansi 100 orang. Ditambah pula personel 95 orang yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa. "Kami juga melaksanakan Operasi Aman Nusa dari 1-31 Desember," imbuhnya. *esa

Komentar