nusabali

Ingin Mengabdi Melalui Musik

  • www.nusabali.com-ingin-mengabdi-melalui-musik

Ketut Rochineng SH MH merilis album berjudul ‘Bali Shanti’ di panggung terbuka Ardha Candra Art Centre Denpasar, Minggu (6/12) malam. 

Sisi Melankolis Rochineng

DENPASAR, NusaBali
Melalui album itu, Rochineng ingin mengabdi untuk krama Bali utamanya masyarakat kurang mampu. Launching ‘Bali Shanti’ dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika beserta Nyonya Ayu Pastika. 

Penampilan Ketua Laskar Bali itu pun dimeriahkan oleh artis pop Bali yakni Widi Widiana dan Dek Ulik. Selain itu, juga dihibur dengan pementasan wayang dan lawak Sembroli. Malam itu, Rochineng menyanyikan 3 dari 5 lagunya secara live. Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengapresiasi langkah yang diambil Rochineng dengan menggarap sebuah album solo. Apalagi hasilnya nanti sepenuhnya dipersembahkan untuk masyarakat miskin di Bali. Pastika pun sempat meminta Rochineng berganti nama menjadi Rochy sebab ia menjadi pendatang baru di blantika musik Bali.

Sementara Ketua Pramusti Bali, IGN Rahman Murthana mengaku bangga sekaligus kagum terhadap Rochineng. Meski menjadi seorang pejabat publik yang disibukkan dengan segudang aktivitas negara, Rhocineng mempersembahkan karya-karyanya sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Bali. “Lewat karya beliau ingin menunjukkan insan seni yang tulus untuk mengabdi tanpa ada unsur kepentingan,” ujarnya.

Menurut Rah Man, sapaan akrab Murthana, lirik lagu yang bertemakan sosial, merupakan ajakan Rochineng mencintai tanah Bali. "Liriknya mewaliki rasa bagaimana memiliki Bali, bagaimana cinta terhadap tanah sendiri,” imbuh owner Jayagiri Pro itu.

Rochineng mengaku tersanjung dengan antusias masyarakat yang menyaksikan penampilan perdananya. “Dilihat dari jumlah penonton yang hadir, saya melihat cukup mendapat respon, dan saya menyambut baik hal ini,” katanya. Disinggung mengenai project ke depan, Rochineng mengaku masih melihat perkembangan penjualan album yang dibandrol dengan harga Rp 100 ribu per keping itu. “Lihat situasi dulu lalu realisasikan hasilnya. Tahun depan kalau tidak ada halangan, lanjut lagi buat karya baru,” jelasnya.

Album solo ‘Bali Shanti’ berisikan 5 lagu ciptaan Rochineng, masing-masing Bali Shanti, Uripe Kalintang Asri, Pada Gelahang, Tuah Iluh, serta Ajegkan Tanah Bali. Penggarapan album ini memakan waktu 25 hari, diaransemen oleh Dek Arta Pro. 7 i

Komentar