nusabali

MGMP Agama Hindu Gelar Lomba Keagamaan

  • www.nusabali.com-mgmp-agama-hindu-gelar-lomba-keagamaan

AMLAPURA, NusaBali
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Agama Hindu Tingkat SMA Karangasem menggelar lomba keagamaan di Aula STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Hindu, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Rabu (22/12).

Ada tiga nomor yang dilombakan yakni dharma gita berpasangan, dharma wacana putra, dan dharma wacana putri. Para pemenang mendapatkan piagam, trofi, dan uang pembinaan.  

Ketua MGMP Agama Hindu SMA Karangasem, I Gede Agustika SPd MPdH mengatakan, lomba seni keagamaan Hindu secara rutin digelar setiap tahun untuk menjaring bakat-bakat siswa di bidang Agama Hindu. Tujuan lainnya meningkatkan kualitas pendidikan karakter siswa. Namun pada tahun 2020 tanpa lomba karena anggarannya digunakan untuk biaya workshop. “Lomba juga bertujuan mengetahui pemetaan kualitas pembelajaran di bidang Agama Hindu, di samping memberikan kesempatan kepada siswa menampilkan bakat dan kemampuannya,” jelas guru Agama Hindu di SMAN Abang ini.

Lomba Dharma Gita berpasangan dimenangkan pasangan Ida Nyoman Jelantik Dwi Payana dengan Ni Putu Yulia Kartika dari SMAN Bebandem. Mengungguli pasangan Ida Ayu Sita Radhaswari dengan I Putu Mertayasa dari SMAN Rendang dan pasangan Ni Made Putri Lestari dengan I Made Kusuma Yuda Parnama dari SMAN Manggis. Lomba dharma wacana putra dimenangkan I Gede Putra Prayoga dari SMAN 1 Kubu, juara II I Komang Astama Wiguna dari SMAN 2 Amlapura dan juara III I Kadek Agustia Widiantara dari SMAN Selat.

Juara I Dharma Wacana Putri diraih I Gusti Ayu Werdi Pradnyani dari SMAN Selat, juara II Made Aris Karhani Sila Putri dari SMAN 1 Kubu, dan juara III I Dewa Ayu Putri Pratiwi dari SMAN 1 Amlapura. Para pemenang mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Kasi Pendidikan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Karangasem I Nyoman Astawa. Terpisah, Kasek SMAN Bebandem I Nengah Miyasa mengapresiasi anak didiknya yang meraih juara I di nomor lomba dharma gita berpasangan. Kasek SMAN Selat I Wayan Cenik juga terkesan atas prestasi I Gusti Ayu Werdi Pradnyani yang meraih juara dharma wacana putri. *k16

Komentar