nusabali

166 Ibu Hamil Berstatus Kekurangan Energi Kronis

  • www.nusabali.com-166-ibu-hamil-berstatus-kekurangan-energi-kronis

SEMARAPURA, NusaBali
Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung, jumlah ibu hamil di Kabupaten Klungkung mencapai 2.690 orang.

Sedangkan yang mengalami kondisi KEK (Kekurangan Energi Kronis) mencapai 166 orang.  Hal itu dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara di sela-sela memberikan bantuan 2.708 ekor Ikan Nila dengan bobot 216 kg kepada 166 orang ibu hamil yang mengalami KEK, Selasa (21/12).

Bantuan ini serangkaian peringatan Hari Ibu, 22 Desember 2021. "Kami berharap lewat program ini dapat mendorong terutama untuk ibu hamil agar selalu menjaga gizi. Salah satunya rutin mengkonsumsi ikan yang kaya akan protein dan omega 3," ujar Dewa Sueta.

Jelas dia, dengan menjaga kesehatan dan gizi, ibu hamil dapat mencegah bayi stunting sejak dini. "Program ini kali pertama kami lakukan, semoga tahun depan kami dapat meningkatkan bantuan seperti saat ini," harapnya.

Pejabat asal Desa Bungbungan, Kecamatan Banjarangkan  ini menambahkan, tingkat konsumsi ikan masyarakat Bali saat ini sekitar 38,83 kg/kapita/tahun masih jauh dibawah tingkat konsumsi ikan secara nasional sebesar 56,39 kg/kapita/tahun. "Sehingga hal itu merupakan tantangan bagi kami untuk berupaya meningkatkan konsumsi ikan," ujar Dewa Sueta, sembari mendorong masyarakat agar membiasakan memakan ikan sejak dini.

Ketua Forikan Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta  merasa prihatin terhadap kondisi ibu hamil dengan kondisi KEK. Bahkan seperti kasus di Kecamatan Banjarangkan, di mana ibu hamil yang mengalami KEK masih muda usai 21 - 22 tahun. "Ada yang baru hamil pertama, ada juga yang baru hamil kedua," ujar Ny Suwirta.

Selain memberikan bantuan ikan, Ny Suwirta juga langsung berkoordinasi dengan petugas Dinas Kesehatan yang turut hadir dalam penyerahan bantuan ikan tersebut. Harapannya, dinas ini memperhatikan khusus terhadap ibu hamil dalam kondisi KEK itu. Selain menyerahkan bantuan ikan, Ny Suwirta juga membagikan susu, biskuit untuk ibu hamil, dan lainnya.

Bantuan tersebut diserahkan untuk ibu hamil di Kecamatan Klungkung, Dawan, dan Banjarangkan, Selasa (21/12) sore. Masing-masing ibu hamil menerima sekitar 1,5 kg ikan. Bantuan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk pemenuhan gizi anak bangsa dengan konsumsi ikan.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Pengarah Perayaan Hari Ibu Tahun 2021 Kabupaten Klungkung, Ny Ayu Suwirta, yang sekaligus Ketua Forikan Kabupaten Klungkung, didampingi Kepala DKPP Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara.*wan

Komentar