nusabali

Klinik Kesehatan Mental Berdiri di Sayan

  • www.nusabali.com-klinik-kesehatan-mental-berdiri-di-sayan

GIANYAR, NusaBali
Managemen The Mansion Hotel Restaurant and SPA di Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, kini membuka Trauma Center and Stress Managemen (TCSM) by Evette Rore, Rabu (22/12).

Pembukaan TCSM bertepatan dengan Hari Ibu, 22 Desember ini, secara simbolis dilakukan Sekretaris TP PKK Kabupaten Gianyar Ni Wayan Sriyani.  TCSM merupakan semacam klinik dengan kegiatan pendampingan kepada masyarakat yang mengalami trauma atau stress akibat pelbagai situasi. Founder Metaphysical Anatomy Technique Evette Rose mengatakan alasan pendirian TCSM karena melihat kondisi masyarakat Bali di masa pandemi yang kurang baik. Selama ini, juga terjadi bencana alam di beberapa daerah, kejahatan marak, dan kekerasan. Kondisi ini berdampak buruk pada kehidupan masyarakat khususnya kesehatan mental. Oleh karena itu, dengan pendirian TCSM ini, akan mampu memberikan pendampingan kepada masyarakat.

Senada dengan Evette Rose, Wayan Sriyani mengungkapkan TCSM akan menjadi tempat bertukar pikiran atau mengeluarkan keluh kesah masyarakat. ‘’Selain itu, untuk pendampingan kepada masyarakat hingga mengelola pikiran atau mental menjadi tetap sehat,” ujar Sriyani.

Menurutnya, program TCSM sejalan dengan program PKK Kabupaten Gianyar yang menekankan pada kesejahteraan keluarga dengan menerapkan pola asuh anak dan remaja sehingga terwujud kesejahteraan keluarga. TP PKK Kabupaten Gianyar juga telah meluncurkan program Posyandu Sehat Rohani dan Jasmani (Seroja) Aman. Posyandu ini akan melayani masyarakat bidang kesehatan mental. Program ini sudah dijalankan pada 21 desa di Gianyar.

Jelas Sriyani, Posyandu Seroja Aman melayani kesehatan masyarakat yang mengalami gangguan jiwa atau mental secara terpadu dalam wadah Posyandu di desa. Program ini diharapkan dapat mencegah kemunculan penderita gangguan jiwa. Sriyani mengapresiasi upaya Evette Rose dimana dalam situasi pandemi masih memberikan perhatian kepada masyarakat. “Dalam situasi sulit ini, banyak warga yang strees karena tekanan ekonomi atau trauma karena diskriminasi ataupun KDRT (kekerasan dalam rumah tangga)”, ujarnya.

Sriyani menyatakan PKK bisa bersinergi dengan TCSM. Pihaknya akan menggaungkan gerakan tersebut guna menekan jumlah masyarakat yang stress atau trauma karena berbagai hal. *nvi

Komentar