nusabali

Peredaran Narkoba Online di Gianyar Makin Marak

  • www.nusabali.com-peredaran-narkoba-online-di-gianyar-makin-marak

GIANYAR, NusaBali
Modus peredaran narkotika semakin canggih dan modern. Para penyalahguna narkotika memanfaatkan jasa pengiriman barang melalui belanja online.

Hal ini disampaikan oleh kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Gianyar, AKBP I Gusti Agung Alit Adnyana, di kantor BNN Gianyar, Rabu (22/12).  Agung Alit mengungkapkan, melalui belanja online para penyalahguna barang haram tersebut menggunakan kode-kode tertentu untuk memesan barang di dunia maya. Sehingga harus memerlukan upaya esktra cerdas untuk mengungkapnya. "Memerlukan regulasi upaya lebih cerdas. Agak sangat sulit mengungkapan karena jaringnya terputus. Kita hanya dapat barang dan orangnya, tidak dapat sumbernya," jelasnya.

Dalam mengungkap modus baru ini, BNNK Gianyar bekerjasama dengan pihak penyedia jasa kirim barang kilat. Ketika ada hal atau barang yang mencurigakan mereka akan menginformasikan kami. "Mereka memberikan informasi ada barang yang dikirim mencurigakan. Misalkan si A ngirim suatu barang ke Aceh tapi lewat darat, ini salah satu mencurigakan," ujarnya.

Rentang umur para penyalahgunaan narkoba masih usia produktif, dari 30 tahun hingga 45 tahun. Mereka beralasan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan menjadi kurir. "Awal pandemi 2020 cukup baanyak, tahun 2021 malah makin banyak, karena tuntututan kebutuhan hidup. Dengan terpaksa kami tangkap," terangnya.

Sementara mencegah peredadan narkotika di wilayah Gianyar, sejumlah program telah dieksekusi seperti desa bersinar (Desa Bersih dari Narkotika). Saat ini di Gianyar tedapat dua desa bersinar, yakni Desa Medahan dan Desa Sidan. "Tahun depan kami akan menambah dua desa bersinar lagi. Desa ini memang benar-benar bersih dari peredaran narkoba," ujarnya.

Selain itu, di desa Bukian, Kecamatan Payangan, melalui pararem ada Canti Bersinar (Calon Pengantin bersih dari narkotika). Para calon pengantin harus melakukan test urain bebas narkoba saat mengurus surat pernikahan. "Surat keterangan bebas narkoba menjadi syarat untuk mengurus surat pernikahan," jelasnya. *nvi

Komentar