nusabali

Jelang Akhir Tahun, Slot Penerbangan Internasional Masih Nihil

  • www.nusabali.com-jelang-akhir-tahun-slot-penerbangan-internasional-masih-nihil

MANGUPURA, NusaBali
Sejak gerbang pariwisata internasional dibuka, belum ada tanda-tanda maskapai yang melayani rute penerbangan luar negeri mengajukan slot penerbangan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Bahkan, menjelang pergantian tahun pun belum ada penerbangan langsung ke bandara tersibuk kedua di Indonesia itu. Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV, I Putu Eka Cahyadhi, mengatakan dua bulan pasca dibukanya gerbang pariwisata internasional ke Bali, belum menunjukkan tanda-tanda adanya pergerakan, khususnya di sektor maskapai. Padahal, saat momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru), biasanya wisatawan mancanegara berbondong-bondong datang ke Pulau Dewata. Namun, kali ini sama sekali belum ada signal positif.

“Belum ada permintaan slot penerbangan internasional. Sejak dua bulan di buka, baik maskapai nasional maupun internasional sama sekali belum ada yang mengajukan slot penerbangan, khusus yang melayani rute luar negeri,” kata Cahyadhi, Selasa (21/12).

Menurut Cahyadhi, Otoritas Bandara saat ini hanya menunggu adanya maskapai yang mengajukan slot penerbangan. Pihaknya tidak bisa berbuat banyak dan berharap agar ada maskapai yang segera mengajukan slot. Kendati saat ini sudah siap dalam memberikan pelayanan, terutama saat menjalankan tatanan kehidupan era baru ini. “Kami masih tetap setia menunggu dan berharap segera ada yang mengajukan,” harapnya.

Dalam menarikan minat pelaku usaha khususnya di sektor penerbangan, Angkasa Pura I sudah melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan memberikan diskon landing fee bagi maskapai yang mengajukan slot penerbangan internasional hingga akhir Desember ini. Bahkan, diskon itu mencapai 100 persen alias gratis hingga penghujung tahun ini. Sayangnya, upaya itu belum membuahkan hasil yang maksimal. Selain itu, Angkasa Pura I juga memberikan diskon 50 persen untuk biaya landing fee yang mengajukan periode Januari hingga Juni 2022.

“Upaya Angkasa Pura I memberikan keringanan kepada pengusaha jasa penerbangan itu sebagai upaya untuk mendorong pergerakan wisatawan mancanegara datang ke Pulau Dewata,” kata Cahyadhi.

“Pemberian diskon kepada maskapai yang mengajukan slot penerbangan itu semata agar roda perekonomian masyarakat di Bali berangsur membaik,” imbuhnya. *dar

Komentar