nusabali

Puting Beliung Robohkan 11 Pohon, Tiga Timpa Rumah

  • www.nusabali.com-puting-beliung-robohkan-11-pohon-tiga-timpa-rumah

AMLAPURA, NusaBali
Puting beliung merobohkan 11 pohon di kawasan Kecamatan/Kabupaten Karangasem, Selasa (21/12) sekitar pukul 09.00 Wita.

Tiga pohon tumbang menimpa rumah warga, satu pohon tumbang di areal pura. Rumah tertimpa pohon milik I Ketut Sukarata dan Wayan Darmayasa, keduanya dari Desa Bukit Kecamatan Karangasem. Satu lagi rumah milik keluarga I Ketut Rai di Lingkungan Susuan, Kelurahan Karangasem. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Karangasem I Nyoman Siki Ngurah melakukan penanganan menyebar di 11 lokasi. Tiga pohon tumbang menimpa atap rumah masing-masing pohon albesia panjang 15 meter dengan diameter 30 cm menimpa rumah I Ketut Sukarata di Banjar Bukit Kaler, Desa Bukit. Pohon albesia menimpa rumah I Wayan Darmayasa di Banjar Jumenang, Desa Bukit, dan pohon belalu menimpa rumah I Ketut Rai di Lingkungan Susuan, Kelurahan/Kecamatan Karangasem. “Ada juga pohon tumbang ke areal Pura Pasucian Taman Sari di Banjar Jumeneng, Desa Bukit. Beruntung nihil kerusakan,” ungkap Siki Ngurah didampingi Sekretaris BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa dan Kabid Kedaruratan dan Logistik I Putu Eka Putra Tirtana.

Berikutnya pohon tumbang menimpa tiang listrik di Banjar Bukit Kaler, Desa Bukit, pohon belalu tumbang ke jalan di Banjar Bukit Kaler, pohon albesia tumbang di jalan raya Banjar Bukit Kelod, pohon singapur tumbang ke areal SDN 5 Padangkert, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, dan pohon santan tumbang ke jalan di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang. “Pagi-pagi terjadi angin kencang berputar-putar menyebabkan banyak pohon tumbang. Ada menimpa atap rumah dan tumbang ke jalan,” jelas Siki Ngurah. Anggota BPBD telah membersihkan 11 pohon yang tumbang. Khususk penanganan pohon tumbang menimpa tiang listrik berkoordinasi dengan petugas PT PLN Amlapura. *k16

Komentar