nusabali

'Jaga Nama Baik Klungkung'

Bupati Suwirta Lepas Kontingen Jembore Pramuka

  • www.nusabali.com-jaga-nama-baik-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melepas 28 orang yang tergabung dalam kontingen Pramuka Kwartir Cabang Klungkung untuk mengikuti Jambore Daerah.

Upacara pelepasan dan pemberangkatan digelar di halaman Kantor Bupati Klungkung, Jumat (17/12) pagi. Jambore Daerah dilaksanakan pada 19 - 21 Desember 2021 di Bumi Perkemahan I Gusti Ngurah Rai, Margarana Tabanan. Bupati Suwirta berharap dari Jambore ini bisa menggembleng generasi muda kedepan menjadi generasi yang mempunyai rasa nasionalisme, rasa memiliki, dan cinta tanah air. Bupati juga berpesan untuk menjaga nama baik Klungkung. "Tunjukan bahwa adik-adik dari Klungkung memiliki jiwa dan spirit Gema Santi (Gerakan masyarakat santun dan inovatif) yang selalu kita gelorakan yakni santun dan inovatif," pesan Bupati Suwirta di hadapan peserta jambore.

Bupati Suwirta juga meminta kepada para peserta agar bisa menanamkan nilai kesantunan agar bisa membawa nilai keteduhan, ketenangan, dan inovatif. Termasuk bisa berinovasi dengan melihat situasi di sana, dan yang terpenting menata diri sendiri untuk berprilaku santun dan inovatif. "Jambore daerah itu sebagi tempat untuk mengisi diri untuk melengkapi dan menyempurnakan diri kita sendiri untuk menjadi generasi emas dan yang terpenting lagi," ujar Bupati Suwirta.

Setelah mengikuti jambore dan pulang, agar bisa mencintai daerah sendiri, mempunyai rasa nasionalisme. "Tidak boleh nanti setelah jauh-jauh mengikuti jambore tidak ada perubahan pola pikir, perilaku nasionalisme tidak ada," ujar Bupati Suwirta.

Ketua Kontingen Kwartir Cabang Klungkung Ngakan Made Mintu menjelaskan tujuan dari jambore ini untuk membentuk watak pramuka penggalang yang berkarakter unggul dan terampil, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. Kemudian pembibitan bela negara dengan menanamkan nilai nasionalisme, menanamkan rasa cinta, peduli terhadap alam dan lingkungan sebagai pengamalan dari dasar Darma dan Trisatya. "Peserta kontingen Kwarcab Klungkung ini diambil dari perwakilan SMP di Klungkung,’’ ujarnya. *wan

Komentar