nusabali

Benturan dengan Jadwal Vaksinasi, Pembagian Rapor Siswa Dimajukan

  • www.nusabali.com-benturan-dengan-jadwal-vaksinasi-pembagian-rapor-siswa-dimajukan

DENPASAR, NusaBali.com - Pembagian rapor di SD Negeri 3 Sesetan terpaksa dimajukan sehari dari jadwal yang ditetapkan akibat benturan dengan jadwal vaksinasi Covid-19. Sesuai dengan keputusan pemerintah pembagian rapor semestinya dilakukan Sabtu (18/12/2021).

“Hari ini kami bagikan, karena kami besok jadwal vaksinasi Covid-19, supaya tidak crowded,” ujar Kepala Sekolah SD Negeri 3 Sesetan, Ni Luh Purningsih SPd MPd, Jumat (17/12/2021), di sela waktu pembagian rapor.

Ia menuturkan, dimajukannya pembagian rapor di sekolahnya dimungkinkan dengan mengacu Surat Edaran (SE) Kemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Nataru dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Coronavirus Disease 2019.

“Sesuai surat edaran bisa tanggal 17 dan 18 Desember, tapi dirapor diisi tanggal 18 Desember,” ucap Purningsih.

Pengambilan rapor dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Sekolah membebaskan orangtua atau siswa sendiri yang mengambl rapor, terutama siswa senior. Hal ini mengingat orangtua juga banyak yang bekerja. 

Pengambilan rapor diberikan waktu mulai pukul 08.30-12.00 Wita. Orangtua atau siswa langsung menuju ruang kelas masing-masing, yang di sana sudah menunggu wali kelas mereka. Tidak perlu menunggu lama, orangtua atau siswa bisa langsung pulang setelah menerima rapor.

“Yang penting sesuai protokol kesehatan, kalau tidak ada masalah kita bagikan rapor, tanda tangan, langsung bisa pulang,” ujar Purningsih.

Lebih lanjut dijelaskan, setelah melaksanakan vaksinasi Covid-19 seluruh siswa akan menjalani masa libur, sebelum kembali belajar pada semester genap mulai tanggal 3 Januari 2022. Selama masa libur, ujar Purningsih, sekolah akan tetap buka. Para guru akan secara bergiliran datang ke sekolah menggunakan sistem piket.

Salah satu orangtua siswa yang datang mengambil rapor, Gede Ari, bersyukur anaknya mendapatkan nilai yang cukup baik. Ia berharap Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara penuh dapat segera dilaksanakan. 

Untuk itu ia setuju dengan vaksinasi yang akan diikuti anaknya Sabtu (18/12/2021). Dengan mendapatkan vaksin Covid-19 diharapkan siswa dapat segera mengikuti PTM secara penuh. “Asal masih sehat, kita ikuti aturan pemerintah vaksin Covid-19,” ucap pria yang anaknya duduk di kelas 4 tersebut.

Komentar