nusabali

Vaksinasi Dimulai, Target 85.000 Anak-anak

  • www.nusabali.com-vaksinasi-dimulai-target-85000-anak-anak

SINGARAJA, NusaBali
Vaksinasi Covid-19 yang menyasar anak-anak usia 6–11 tahun mulai dilakukan di Kabupaten Buleleng, Rabu (15/12).

Bupati Putu Agus Suradnyana didampingi Sekda Buleleng Gede Suyasa dan kepala OPD meninjau vaksinasi anak di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng, pada Rabu pagi.

Khusus untuk di Buleleng, target sasaran vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak sebanyak 85.000 anak-anak. Segala upaya akan dikerahkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng untuk mencapai target tersebut.

Bupati Agus Suradnyana mengatakan, upaya koordinasi intens dilakukan antara Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, agar bisa mencapai target tersebut.

Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Ini sesuai izin dikeluarkan BPOM RI, bahwa vaksin Sinovac aman untuk anak-anak. Vaksinasi pada anak dijadwalkan sampai dengan akhir Januari 2022 untuk dosis pertama. Dosis kedua sekitar 28 hari usai dosis pertama. “Kegiatan vaksinasi melibatkan seluruh pihak terkait. Ini dilakukan untuk mencapai target yang ditentukan,” ujar Bupati Agus Suradnyana.

Kepala Dinkes Buleleng dr Sucipto menambahkan, stok ketersediaan vaksin untuk anak usia 6 – 11 tahun sudah mencukupi, begitu pula dengan sumber daya manusia (SDM) khususnya untuk mengantisipasi adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Nantinya, personel-personel tersebut bersiaga di masing-masing tempat vaksinasi. “Dengan vaksin Sinovac yang digunakan, sebenarnya KIPI sangat rendah. Ini berdasarkan pengalaman dari vaksin-vaksin sebelumnya,” jelas dr Sucipto.

Di sisi lain, Polres Buleleng juga membuka layanan gerai vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak di wilayah Kecamatan Kubutambahan, Kecamatan Buleleng, dan di Gedung Ananta Wijaya Mapolres Buleleng.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 761 orang anak-anak di wilayah Kubutambahan berhasil divaksin. Sedangkan vaksinasi di SD I Jinengdalem, berhasil menyasar 70 orang anak-anak dengan jumlah vaksin yang digunakan sebanyak 35 vial. Di Gedung Ananta Wijaya Mapolres Buleleng sebanyak 101 orang anak-anak berhasil divaksin.

Tim vaksinator Polres Buleleng dipimpin Kepala Seksi Kesehatan Klinik Pratama Polres Buleleng dr Metri Devi dengan tim vaksinator sebanyak 23 orang. Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak kemarin dipantau langsung oleh Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto.

AKBP Andrian menyampaikan, vaksinasi anak umur 6–11 tahun ini bertujuan untuk meminimalisir penularan di sekolah atau satuan pendidikan. Juga agar anak-anak dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka, serta mempercepat tercapainya herd immunity. “Namun setelah dilakukan vaksin tahap I, diharapkan kepada anak-anak jangan abai dengan prokes,” pesannya. *mz

Komentar